Posyandu Ceria Bayi,Balita ,Remaja dan Lansia  di Kampungku

Kegiatan sosisal posyandu yang telah dilaksanakan secara rutinitas di wilayah Rt.04 RW.07 Pantodaeng Kel. Brang Bara Kec.Sumbawa Kabupaten Sumbawa Nusa Tenggara Barat yang dipusatkan dirumah Ketua RT 04 Adhi Djatmoko, S.Sos  mendapat tanggapan positif dari masyarakat karena ini menjadi nilai tambah agar balita dan lansia mendapat kesehatan disamping mendapat pemeriksaan gratis juga mendapat vitamin bagi bayi,balita,Remaja dan usia lanjut juga mendapat  makanan tambahan seperti makanan sehat dan bergizi , Sabtu 25/02/2023

Sebelah Kanan Ketua RT.04 RW.07 Kelurahan Brang Bara Kec.Sumbawa Kabupaten Sumbawa Adhi Djatmoko, S.Sos

Dalam  komentar Ketua RT.04 RW.07 Kelurahan Brang Bara Kec.Sumbawa Kabupaten Sumbawa Adhi Djatmoko, S.Sos menyampaikan  bahwa Posyandu Ceria yang dilaksanakan di RT.04 RW.07 Kelurahan Brang Bara ini sudah dilaksanakan 1 tahun yang lalu dilaksanakan , karena ini merupakan kebutuhan  dari RT.04 itu sendiri mengingat adanya bayi dan balita yang biasanya jauh untuk ke posyandu jaraknya agak jauh sehingga ada inisiatif ibu ibu agar posyandu ada di RT kita, dengan berkonsultasi dengan Kelurahan ini makanya ada kegiatan yang dibentuk diposyandu disini, dan memilih kader kader yang perlu dibina oleh kelurahan dan masyarakat untuk pelaksnaan kegiatan ini

Selain program Pemerintah yang menyangkut posyandu  merupakan posyandu keluarga kegiatan posyandu meliputi  bayi,balita remaja dan usia lanjut. sudah dilaksanakan selama 1 tahun ini  memang ada  kegiatan ini dalam menangani diutamakan menangani stunting , perlu ada peningkata ada makanan tambahan, dana yang dipakai dari dana keluarahan itu sendiri meliputi makanan tambahan dan kegiatanlain dan posyandu, dana yang dari pemerintah ini masih dirasa sangat belum mencukupi  sehingga membuka sumbangan sumbangan dari masyarakat yang kianya  tidak membenahidalam kegiatan ini,posyandu berjalan dengan baik dengan makan tambahan bagus bergizi memenuhi standar sdh dikonsultasi dari petugas puskesmas, ada warga dusun sebelah yang memiliki  bali atau balita yang ingin bergabung ke posyandu tetap kami terima, kami mengingikan bayi disekitar kita tumbuh bayi bayi yang sehat dan cerdas.

Kegiatan kegiatas posyandu ini  antara lain untuk bayi,balita,remaja, timbang berat badan ,tinggi badan ,lingkar lengan untuk karena ini untuk  peningkatan gizi, pemberian vitamin dan makan tambahan yang sehat dan bergisi dan untuk bapak ibu usia lanjut , juga dilaksanakan penimbangan berat badan ,tinggi badan pemeriksaan tensi/hypertensi,gula darah , asam urat,olestrol juga lingkar perut dari pada ibu bapak tidak terlalu gendut agar badan ideal yang dapat menimbulkan gejala gejala penyakit.

Ada  beberapa Tujuan Penyelenggaraan Posyandu antara lain  dapat  Menurunkan Angka Kematian Bayi,Angka Kematian Ibu (ibu hamil, melahirkan dan nifas). Angka Kematian Ibu  dan Angka Kematian Bayi  masih cukup tinggi, meskipun dari tahun ketahun sudah dapat diturunka.

Membudayakan Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera.
Meningkatkan peran serta dan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan Keluarga Berencana  serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera. Berfungsi sebagai Wahana Gerakan Reproduksi Keluarga Sejahtera, Gerakan Ketahanan Keluarga dan Gerakan Ekonomi Keluarga Sejahtera.

Menghimpun potensi masyarakat untuk berperan serta secara aktif meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan ibu, bayi, balita, dan keluarga serta mempercepat penurunan angka kematian ibu, bayi, balita.

Sementara Posyandu Lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati, yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan, dan  merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya.
Posyandu lansia / kelompok  usia lanjut adalah merupakan suatu bentuk pelayanan kesehatan bersumber daya masyarakat dibentuk oleh masyarakat berdasarkan inisiatif dan kebutuhan itu sendiri khususnya pada penduduk usia lanjut. (KM Joko Pitoyo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *