Desa Wisata Masmas adalah sebuah desa yang terletak di Wilayah Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah, yang sejak tahun 2009, oleh salah seorang warganya yang memiliki nama lengkap H. Habiburrahman Yusuf Akbar yang dilebih dikenal dengan panggilan pak Habib telah menyusun sebuah program wisata dengan berupa pengenalan gaya hidup riel masyarakat desa dengan kemasan paket soft tracking dan paket sepeda.
dalam paket soft tracking pengunjung di minta registrasi, lalu kemudian dipasangkan sarung terus diajak berinteraksi dengan anak anak sekolah terdekat baik dalam kelas maupun luar kelas, setelah itu tamu diajak kekantor desa dengan melewati lorong sayur, dimana selama menyusuri lorong sayur para tamu terus dijelaskan berbagai jenis tanaman yang ditemui, mulai dari cara budidaya sampai manfaatnya.
di kantor desa setelah berbasa basi dengan pemerintah desa, para tamu diajak melanjutkan perjalanan menyusuri persawahan untuk melihat dan mengikuti aktifitas petani yang ditemukan sampai ke sebuah dusun yang sebagian besar masyarakatnya menganyam ketak. disini para tamu diajarkan cara menganyam ketak sambil menikmati snack alam yang disuguhkan oleh warga.
perjalanan kemudian dilanjutkan ke tempat proses pembuatan kerupuk bonggol pisang untuk melihat proses pembuatannya juga menicicipi ke gurihannya. baru kemudian perjalanan ditutup dengan makan siang di rumah warga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *