Tiga belas band mengikuti event Parade Akustik  yang digelar Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat (Lobar) selama dua hari sejak tanggal 24-25 Februari 2021 kemarin.

Tidak hanya diikuti oleh peserta dari Lobar, event ini juga diikuti band luar Lobar seperti  kota Mataram, Lombok Utara, hingga Jawa Timaur.

Mengambil venue di Supermarket Oleh-Oleh Sasaku Senggigi, event ini dijelaskan Kepala Dinas Pariwisata Lobar H. Saepul Akhkam merupakan salah satu usaha mengingatkan hingga mengembalikan suasana masa kejayaan Senggigi sebagai destinasi utama kepariwisataan di pulau Lombok.

“Kami pilihkan list lagu wajib yang trend di tahun 90an, yang dimana pada masa itu, Senggigi sedang dalam masa jaya, primadona bagi para pelancong dari berbagai daerah di Lombok bahkan di Indonesia dan mancanegara,” ungkap Akhkam.

Tidak hanya dalam misi mengembalikan suasana masa jaya, namun event ini diharapkan Akhkam bisa menjadi titik balik kebangkitan Senggigi.

“Event ini merupakan event pertama, event pembuka dalam Calendar of Event kita tahun ini. Kami ambil tema besar yakni Living in Harmony, dan kami mulai di sini di Senggigi,” lanjutnya.

Dua musisi senior Lombok yakni Ary Juliyant dan Suradipa didapuk menjadi juri untuk menentukan penampil favorit pada ajang parade akustik ini, ditambah dengan satu juri tamu yang dipilih acak dari tamu yang hadir menyaksikan event ini.

Setelah dua hari beradu skill dan performa, juri akhirnya memutuskan tiga band penampil favorit. Ke tiga grup band tersebut adalah Buku Baru band, Biru & Jingga serta MJS Band. Mereka berhak memperoleh piagam serta hadiah lainnya seperti piala dan uang tunai. 

“Cukup sulit memilih tiga favorit, karena semuanya bagus semua,” ucap Kang Ary sapaan akrab Ary Juliyant.

“Kami berdiskusi cukup panjang deng bli Dipa untuk memutuskan, dan akhirnya inilah band yang menurut kami yang penampilannya sesuai tema dan punya nilai lebih dari band-band yang lain,” lanjutnya.

Seusai acara, salah satu penampil favorit yakni Buku Baru band menyatakan kebanggaannya ikut serta dalam event ini hingga meraih kategori penampil favorit.

“Kami sangat bangga sekali ikut serta dalam event ini, semoga ini bisa menjadi pemantik untuk event-event selanjutnya,” ucap Yudi sang vocalist.

Ia menuturkan jika persiapannya mengikuti event ini sampai dua minggu hingga merekam dan mengunggah video penampilan mereka untuk diseleksi panitia.

“Kami persiapan selama dua minggu, setelah dapat info dari teman, kami langsung melakukan persiapan. Latihan lagu-lagu yang ditentukan, dan Alhamdulillah bisa jadi penampil favorit,” lanjutnya bangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *