KIM Tembe Nggoli. Kamis (18/02) Memasuki musin hujan saat ini ada satu penyakit yang mematikan yang perlu kita waspadai, sebelum virus covid-19 melanda kita jangan lupa dengan satu penyakit ini yang selalu menyerang siapun baik kecil maupun orang dewasa yaitu penyakit deman berdarah (DBD) akibat digigit nyamuk adies agyepti. Penyakit yang satu ini merupakan penyakit pembunuh yang patut kita hindari disaat musim penghujan saat ini.

Di Kota Bima setiap tahunnya penyakit DBD selalu memakan korban, maka dengan menerapkan pola hidup sehat, menjaga kebersihan sangat membantu terhindar dari DBD. 

Musim hujan sangat rawan munculnya penyakit DBD karena banyaknya genangan sisa air hujan, tempat berkembang biaknya jentik nyamuk adies agyepti.

Kenali ciri-ciri penderita DBD diantaranya badan panas dingin (meriang), mengeluarkan keringat hangat serta wajahnya pucat. selain itu pengaruh kondisi badan lemas dan nafsu makan berkurang sangat cepat segera dibawah dan periksa ke Puskesmas dan RSUD terdekat, agar tidak beresiko tinggi.

Dengan menjaga lingkungan yang bersih dan sehat. Membuang sampah tidak sembarang dengan pola menguras, mengubur dan menutup (3 M). Hal ini bertujuan menangkal dan mencegah berkembangnya nyamuk adies agyepti. Alamsyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *