Membangun Perpustakaan Digital Pada Madrasah Aliyah Negeri (Man) 1 Sumbawa Besar

Membangun Perpustakaan Digital Pada Madrasah Aliyah Negeri (Man) 1 Sumbawa Besar

Perpustakaan mempunyai peranan penting dalam hal menyediakan informasi yang berkaitan dengan pengetahuan dan merupakan unsur penting dalam lembaga pendidikan. Keberhasilan dalam peningkatan efisiensi dan efektifitas pendidikan dapat didukung dengan kehadiran perpustakaan.
Perpustakaan yang ada di MAN 1 Sumbawa Besar adalah perpustakaan non digital, di mana anggotanya adalah guru dan siswa yang ada di lingkungan MAN 1 Sumbawa Besar.

Masalah yang muncul pada perpustakaan tersebut adalah adanya keterbatasan jumlah buku yang dimiliki sehingga seringkali buku yang akan dipinjam stoknya kosong di perpustakaan karena sedang dipinjam oleh peminjam lainnya, selain itu juga adanya batasan hari dan waktu layanan perpustakaan sehingga peminjaman buku hanya dapat dilakukan pada hari dan jam kerja.
Untuk dapat mengakomodir kebutuhan akan buku dan tingginya minat baca pada guru dan siswa MAN 1 Sumbawa Besar maka aplikasi perpustakaan digital adalah solusi yang tepat.
Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC) yang merupakan metodologi klasik yang digunakan untuk mengembangkan, memelihara dan menggunakan sistem informasi yang terdiri atas beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, analisis, perancangan, seleksi, penerapan dan pemeliharaan.
Di mana perancangan sistemnya dibuat dengan menggunakan Flowchart Sistem untuk menggambarkan alur dari sistem yang dirancang dan Usecase Diagram untuk menggambarkan menu-menu yang dapat diakses oleh user. Perancangan database dibuat dengan menggunakan Entity Relationship Diagram yang menghasilkan 5 (lima) tabel yaitu Tabel User, Tabel Jenis, Tabel File, Tabel Kategori dan Tabel Ebook.
Output tercetak yang dihasilkan berupa Laporan Data Anggota, Laporan Data File dan Laporan Data Ebook untuk diserahkan kepada Kepala Sekolah setiap bulan sekali.
Dengan aplikasi perpustakaan digital ini perpustakaan pada MAN 1 Sumbawa Besar akan dapat meningkatkan pelayanannya kepada anggota dan juga pada pihak lain yang bukan anggota perpustakaan dengan menyediakan ebook dan file yang dapat diunduh kapanpun tanpa dibatasi jam layanan dan tanpa batasan stok buku fisik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *