Narmada KIM. 2 Maret 2021. Terkait dengan program LOBISA yang diluncurkan oleh Pemerintah Kecamatan Narmada memang sangat luar biasa,”. Hal itu di katakan Kades Golong H.M.Zaenuddin SE belum lama ini

“Kenapa saya bilang luar biasa, karena ini dalam rangka pembinaan terhadap perangkat desa yang ada di Kecamatan Narmada baik dari semua kaur dan kasi yang ada sesuai dengan tupoksi masing-masing. Kemudian lembaga perangkat desa terutama BPD, PKK, Karang Taruna dan Linmas, sehingga pada satu hari dari Pemerintah Kecamatan berkantor di desa sebagai bentuk bagaimana kedepan bisa dilakukan secara berkesinambungan,” cetusnya

Dia berharap, program LOBISA ini dapat ditiru oleh kecamatan-kecamatan lain. Dengan pembinaan itu paling tidak ada Pemerintah Kabupaten ada istilah reward tersendiri dan juga ada pembinaan yang intensif dari Pemerintah Kabupaten.

Sementara Camat Narmada Muhammad Busyairi Program sejeLO BIna deSA (LOBISA) yang diterapkan oleh Pemerintah Kecamatan Narmada memang banyak dukungan dari kepala desa yang ada di Kecamatan Narmada. Program LOBISA ini merupakan program inovasi Pemerintah Kecamatan Narmada didalam melakukan pembinaan terhadap 21 desa yang ada di Kecamatan Narmada.

“Pada hari Selasa dan Kamis kami (Tim LOBISA, red) berkantor di desa. Tim LOBISA ini terdiri dari  saya sendiri, semua Kepala Seksi, Kasubag dan di tambah masing-masing satu orang staf jumlahnya ada 15 orang turun ke desa,” ungkap Muhammad Busyairi.

Mantan Kabid Disperindag Lobar ini mengaku, tujuan dari program LOBISA yang utama adalah silaturrahmi Pemerintah Kecamatan dengan Pemerintah Desa. Lanjut kata dia, tujuannya untuk membina disiplin jadi program ini diawali apel pagi dimulai pukul 08.00 di desa sebagai bentuk pembinaan disiplin terhadap perangkat di desa dgn pembina Camat, dilanjutkan pengarahan dan pembinaan kepada perangkat desa dan lembaga desa, sholat berjamaah dan makan bersama, ditutup apel sore dan diakhiri pukul 15.00

“Selanjutnya untuk membina administrasi desa yang kita ketahui selama ini, desa kadang lalai untuk menata administrasinya, sehingga kalau dibutuhkan data oleh pihak-pihak luar tidak pernah tersedia data yang valid. Kalau misal ada desa yang ditunjuk mengikuti lomba entah itu lomba desa atau lomba lainnya, biasanya kita ini menyiapkan segala sesuatu dalam satu malam dengan cara lembur. Ujarnya

Kita harapkan dengan program LOBISA ini bisa berlanjut, tertib administrasi di desa dan tidak perlu lembur lagi, sehingga data administrasi siap dan tidak ada data yang dimanipulasi. Dia menyebut, program LOBISA ini juga untuk mendukung program Gerakan Menuju Nol Temuan (Gardu Mente) dari Inspektorat.

“Program LOBISA ini sudah berjalan selama 4 minggu dan  sudah kita datangi 9 desa sejak kami launching pada bulan Januari 2021 lalu. Semua respon dari kades sangat baik dan berharap program ini tetap berlanjut,” Akuinya.

Dengan ada program LOBISA ini dia berharap, terjalin sinergi antara Pemerintah Kecamatan dengan Pemerintah Desa apapun informasi, permasalahan yang ada bisa saling berbagi dan carikan solusi bersama.

“Program ini sangat membantu kami, karena tidak semua warga mendapat bantuan sembako dari pemerintah, adanya bantuan ini, sungguh telah membantu kami untuk meratakan bantuan di masyarakat,” ujar Kepala Desa Mekarsari, Sapinah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *