Keren, MAN 2 Kota Bima Juara Terbaik Lomba Jurnalistik

Keren, MAN 2 Kota Bima Juara Terbaik Lomba Jurnalistik

Kota Bima. Kampung Media. Tim Siswa MAN 2 Kota Bima berhasil menjadi yang terbaik, Juara 1 Lomba Jurnalistik kategori Reportase Berita pada kegiatan Pelatihan Jurnalistik tingkat SMA/MA/SMK/Ponpes se Kota dan Kabupaten Bima. Sementara SMAN 4 Kota Bima harus puas berada di posisi terbaik 2 dan SMAN 1 Wera Kabupaten Bima berada di posisi terbaik 3. Kegiatan ini digelar oleh Himpunan Mahasiswa Komunikasi (HIMAKOM) Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Mbojo – Bima.

Pengumuman lomba dilaksanakan di Aula STISIP Mbojo – Bima seusai pelaksanaan lomba, Kamis sore (04/03). Dengan mengangkat tema “Generasi Milenial Belajar Cerdas Melalui Jurnalistik”, panitia lomba menentukan harus ada 5 posisi untuk setiap tim, yakni: Reporter, Narasumber, Kameramen, Notulen, dan Sutradara.

MAN 2 Kota Bima mengirimkan 2 tim, satu tim terdiri dari 5 orang siswa. Tim 1 beranggotakan ialah Nurmiranti (Reporter), Nur Chandrafinandar (Narasumber), M. Rizky Dwi Darmawan (Kameramen), Salsabila Faiqah (Notulen), dan NS. Shahrastian Rashid (Sutradara). Sementara Tim 2 beranggotakan ialah Sri Sukmawati (Reporter), Moch. Tadjul Muslimin (Narasumber), Zuhra Maharani (Kameramen), Siti Jamharira   (Notulen), dan Nisrina (Sutradara).

Sri Sukmawati yang merupakan siswa kelas XI dan mendapat posisi sebagai Reporter pada Tim 2 memberikan tanggapan. Sri mengaku tidak mengalami kesulitan. Akan tetapi, saat tampil di depan seluruh peserta dan juri, apalagi direkam dengan kamera, ia merasa sedikit nervous.  

Senada dengan tanggapan Sri Sukmawati, Moch. Tadjul Muslimin yang juga siswa kelas XI dan mendapat posisi sebagai Narasumber pada Tim 2 pun menyatakan, lomba semacam ini sangat bagus dan menarik. Alasannya karena dapat mengetahui ilmu dasar jurnalistik dan cara menjadi jurnalis yang baik.

Panitia memberikan materi dan contoh sebelum lomba. Sehingga kami tidak mengalami kesulitan yang berarti”, jelas Tadjul.

Sebelum perlombaan, seluruh peserta mengikuti materi pelatihan jurnalistik dari beberapa narasumber, diantaranya, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Bima, Pemimpin Redaksi Bimeks Grup, dan dosen dari Jurusan Ilmu Komunikasi STISIP Mbojo – Bima.

Peserta yang berhasil masuk 3 besar memperoleh Piala, Sertifikat, dan Souvenir. Adapun untuk seluruh peserta yang mengikuti kegiatan diberikan Sertifikat kegiatan.   (NR) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *