Rapat Koordinasi Penanganan Sampah di Kota Mataram

Diskominfo Kota Mataram – Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana pimpin rapat koordinasi penanganan sampah dan kebersihan taman-taman di Kota Mataram, bertempat di Ruang Kenari Kantor Wali Kota Mataram, Selasa (09/03/2021). Hadir pada acara tersebut jajaran Asisten Sekretariat Daerah (Setda) Kota Mataram, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Bappeda, dan seluruh Camat se-Kota Mataram.

Dalam rapat koordinasi terbatas tersebut Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana memaparkan secara singkat dan lugas terkait penanganan sampah yang berserakan di beberapa titik di Kota Mataram, dengan target estimasi waktu pengerjaan selama 14 hari.

Lokasi penanganan sampah dan kebersihan taman dilakukan di beberapa titik, seperti pasar, taman-taman kota, area akses masuk ke Kota Mataram serta tempat umum lainnya yang dijadikan tempat pembuangan sementara (TPS) oleh masyarakat.

Prinsip penanganan sampah yang dilakukan adalah dengan pengoptimalan sumber daya yang ada di dinas terkait seperti Dinas LH, Dinas Perkim, Dinas Perdagangan, serta Dinas PUPR untuk bersinergi ditengah refocusing anggaran Covid-19.

Secara teknis pemanfaatan bisa dilakukan dengan menggunakan kendaraan-kendaraan dinas yang ada di dinas terkait untuk dijadikan armada pengangkut sampah. Selain itu, armada yang disiapkan juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat pembuangan sampah, agar tidak terjadi penumpukan di jalan.

“Setiap kendaraan yang sudah penuh (oleh sampah) bisa langsung diangkut, dan tidak terjadi penumpukan dalam waktu seharian atau lebih, “ pinta Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana.

Selain optimalisasi armada yang ada di dinas terkait, pemanfaatan sumber daya manusia seperti aparatur yang ada di kecamatan maupun kelurahan juga akan dilakukan. Dengan mendorong setiap perangkat untuk turun langsung (gotong royong) menuntaskan sampah di wilayahnya masing-masing.

Menanggapi permintaan Wali Kota Mataram, Kepala Dinas LH Mataram M Nazaruddin Fikri menyampaikan akan berupaya maksimal dalam waktu yang singkat tersebut untuk menuntaskan penumpukan sampah dan memperhatikan kebersihan taman yang ada di Kota Mataram.

Kepala Dinas LH Kota Mataram optimis penanganan bisa dilakukan, walaupun saat ini terjadi refoccusing anggaran Covid-19 dan kendala administrasi lainnya. Namun, penanganan sampah bisa dilakukan dengan setiap sumber daya yang ada. “kami siap”, ungkap Kadis LH M Nazaruddin Fikri dalam rapat koordinasi tersebut. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *