Budidaya Ikan di Sela Rumpun Padi

  • Share

Desa Masbagik Utara merupakan salah satu desa pertanian yang terletak di Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Letak desa ini tak jauh dari titik-titik mata air yang ada di deretan pebukitan hijau. Suatu keberuntungan, saluran-saluran air yang ada di kawasan desa ini tidak pernah mengalami kekurangan air. Hal ini pula menjadikan sebagian mayarakat yang ada di Desa Masbagik Utara mengembangkan usaha ikan dan padi.
Usaha ikan dan padi merupakan usaha pertanian dengan memadukan budidaya ikan dengan pengembangan tanaman pertanian. Artinya, masyarakat Desa Masbagik Utara memanfaatkan genangan air sawah yang sedang ditumbuhi oleh tanaman padi sebagai tempat pembudidayaan ikan.
Jenis ikan yang banyak dibudidayakan pada genangan air sawah oleh masyarakat petani Desa Masbagik Utara yaitu seperti ikan nila merah dan hitam, ikan carper merah dan hitam, dan juga ikan mujair.


Suatu hal yang menguntungkan atas terciptanya perpaduan budidaya ikan dan pengembangan tanaman padi di lahan pertanian adalah menjadikan lahan pertanian lebih produktif. Nasrudin (27 th) adalah salah seorang petani asal Desa Masbagik Utara, “Pembudidayaan ikan pada genangan air sawah mampu mengahsilkan hasil panen yang lumayan bagus. Hal ini terjadi karena dengan adanya pembudidayaan ikan pada genangan air sawah, yang hama padi seperti tikus dan wereng dapat diatasi, “ujarnya.


Demikian juga dengan Patoni (45 th) yang juga salah seorang petani dan pembudidaya ikan air sawah, “Adanya usaha budidaya ikan pada genangan air sawah, berarti kondisi tanaman padi akan selalu terendam air dengan ketinggian kira-kira sekitar 55 cm. Hal ini akan menghalangi hama tikus mengganggu tanaman padi yang sedang tumbuh subur.
Selain hama tikus dapat teratasi oleh usaha budidaya ikan pada genangan air sawah, gangguan hama wereng juga dapat teratasi. Hal ini dapat dipahami bahwa ketika hama wereng akan mengganggu tanaman padi, setidaknya akan tercebur ke dalam air. Menurut Nasrullah bahwa hama wereng yang tercebur ke dalam air dapat menjadi pangan ikan.


Dari gambaran di atas dapat disimpulkan bahwa keberadaan sumberdaya lingkngan seperti limpahn air yang ada di Desa Masbagik Utara, tentu merupkan suatu keberuntungan dalam mengembangkan perekonomian masyarakat, hanya saja ide kreatif atau inovasi masyarakat tetap diharapkan daamm memanfaatkan sumbrdaya alam tersebut sehingga keberhsilan masyarakat dalam mempertahankan hidup tetap ada. Bay: Andi Mulyan

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *