Gunakan Bahasa Umat, Melalui Dai Kamtibmas Polres Lobar Dorong Percepatan Pencegahan Covid-19

  • Share

Kediri – Dalam memaksimalkan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan Program Pemerintah Baik Sosialisasi PPKM maupun Lomba Kampung Sehat, Dai kamtibmas Polres Lobar lakukan Sosialisasi yang dikemas dalam Safari Jumat.
Kapolres Lombok Barat, AKBP Bagus S. Wibowo SIK mengatakan, Dai Kamtibmas yang dimiliki Polres Lombok Barat telah melalui Proses yang cukup panjang dalam pembentukannya, Minggu (14/3/2021).
“Digembleng langsung, oleh Tokoh Agama Empat Sekawan Lombok Barat, untuk terbentuknya Dai kamtibmas yang benar-benar sesuai dengan Kaidah Agma,” ungkapnya.
Menurutnya komunikasi dengan Masyarakat melalui Bahasa umat ini, akan mudah diterima dan lebih mendekatkan dengan Masyarakat.
“Terutama dalam perkembangan situasi saat ini, ditengah upaya pemerintah dalam pencegahan dan penaganan covid-19, dan disitulah peran Dai Kamtibmas ini menyampaikannya dengan Bahasa umat,” bebernya.
Kapolres menjelaskan keterkaitan peran Dai Kamtibmas ini, dalam mensukseskan program-program pemerintah, diantaranya mensukseskan Kampung Sehat Jilid II dan Program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro
“Dukungan Tokoh Agama dalam mensukseskan ini dibuktikan dengan mengikuti Vaksinasi, dimana para tokoh agama telah menyatakan bahwa vaksinasi itu aman dan halal, serta tidak ada efek samping yang dirasakan,” imbuhnya.
Oleh sebab itu, Dai kamtibmas inilah yang berperan aktif dalam mendukung mensukseskan Kampung Sehat Jilid II dan Program PPKM Skala Mikro, untuk percepatan pencegahan dan penanggulangan Covid-19.
“Dengan memiliki sumber daya Dai Kamtimbas di Polres Lombok Barat, sehingga untuk lebih mendorong menyampaikan kepada Masayarakat dalam menerapkan Pedoman 5M, 3T dan 1V,” pungkasnya.

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Dai Kamtibmas Polres Lombok Barat, Bripka Bripka Lalu Satya Mandayan dipercaya sebagi Khotib Sholat Jum’at Ibadah Shalat Jumat, yang dilaksanakan di Masjid Baitul Atiq Dusun Samah Ngiring Desa Montong Are Kecamatan Kediri, Jumat (12/3/2021).
Diberikan amanah dan kepercayaan untuk menjadi khotib oleh Masyarakat, Bripka Lalu Mandayan menyatakan tanggung jawab dan manah ini harus diembannya dengan baik.
“Pada kesempatan ini, saya menyampikan Khotbah dengan tema Taubat, dimana sangat berkaitan erat dengan perkembangan Kamtibmas saat ini, terutama di masa pandemic covid-19,” ucapnya.
Bripka Lalu Mandayan mengajak masyarakat untuk meninggalkan perbuatan maksiat serta bersama-sama melakukan pencegahan Penyebaran Covid-19, untuk keselamatan Umat.
“Perbuatan maksiat jelas-jelas sangat bertentangan dengan Hukum, terlebih lagi dengan Ajaran agama, tentunya kita untuk saling mengingatkan, untuk selalu beriman kepada Allah, SWT,” himbaunya.
Termasuk dengan kaitan perkembangan Covid-19 saat ini, Bripka lalu mandayan juga mengajak untuk saling mengingatkan dalam penerapan protocol Kesehatan.
“Untuk kebaikan kita semua, diharapkan bersama-sama untuk mensukseskannya, sehingga sangat dibutuhkan dukungan segenap Lapisan Masyarakat di Lombok Barat,” tandasnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *