Tips Pemilian Pelumas untuk Sepeda Motor

Tips Pemilian Pelumas untuk Sepeda Motor

Mataram – Mesin pada kendaraan bermotor utamanya menjadi jantung yang menentukan kondisi baik buruk dan atau nyaman tidaknya sebuah kendaraan saat digunakan. Mesin menjadi salah satu central yang perlu mendapat perhatian dan perawatan ekstra agar dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Agar mesin tak cepat berkarat dan keropos, tentunya harus rajin dipoles dengan pelumas. Pelumas pada alat bermotor sering disebut dengan oli. Berikut tips untuk pemilihan pelumas atau oli yang tepat untuk sepeda motor Honda.

Technical Training Instructor Astra Motor NTB Sultan Hartawan menjelaskan, fungsi oli mesin sebagai peredam getaran dan suara bising hasil benturan piston, batang piston, dan poros engkol. Oli akan melapisi antara bagian tersebut dan meredam benturan yang terjadi sehingga suara mesin lebih halus.

“Pengaplikasian oli pada mesin motor dapat mengurangi gesekan-gesekan antar komponen dalam mesin. Oli juga berfungsi sebagai pendingin atau memindahkan panas dari dalam mesin keluar. Serta oli juga dapat menjaga kebersihan internal mesin,” terang Sultan.

Pastikan oli yang digunakan pada motor Honda kesayangan Anda merupakan oli motor asli produksi Honda, sebab keasliannya telah teruji dan terjamin. Penggantian oli secara rutin dilakukan agar mesin kendaraan menjadi terawat dan dapat memberikan performa yang baik saat dipakai. Keunggulan penggunaan oli motor asli Honda yaitu lebih irit BBM, performa lebih maksimal, mesin lebih tahan lama, dan lebih tahan temperatur tinggi.

Ditambahkan juga oleh Anton Prihatno selaku Technical Sub.Dept Head Astra Motor NTB, Honda Genuine part merupakan suku cadang Asli motor Honda. Salah satunya yaitu AHM Oil yang merupakan Oli Asli Motor Honda. AHM Oil tergolong pada jenis oli sintetik merupakan pelumas yang terbuat dari senyawa kimia artificial atau buatan. Oli sintetis ini dibuat dari komponen yang berasal dari minyak bumi dan diproses dan dimodifikasi secara kimiawi, bukan langsung dari minyak mentah yang ditambang dari perut bumi.

“Pakailah oli sintetik agar motor Hondamu lebih asik saat diajak ngegas. Seperti AHM Oil SPX 1 dan AHM Oil SPX 2. Jangan lupa untuk urusan layanan servis percayakan pada AHASS yang merupakan bengkel resmi sepeda motor Honda,” tutup Anton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *