Siswa MAN 2 Kota Bima Juara 1 Lomba Menulis Puisi Tingkat Nasional 2021

  • Share

Kota Bima – Siswa Madrasah Aliyah (MA) Negeri 2 Kota Bima atas nama Muhammad Iqbal berhasil meraih Juara 1 kategori Lomba Menulis Puisi pada Festival Literasi Nasional Tahun 2021. Pengumuman dilakukan pada acara puncak Festival Literasi Nasional Tahun 2021 yang dilaksanakan secara daring (Selasa sore, 23/03).

Muhammad Iqbal yang saat ini duduk di kelas XII IPA menulis puisi yang berjudul “Pesan Damai untuk Nusantara”. Puisinya tersebut berisi tentang toleransi, menghargai perbedaan, dan kekuatan kebersamaan. Sementara itu, SMAN Tuban berada di posisi kedua dan SMAN Purworejo di posisi ketiga.

Tak hanya itu, MAN 2 Kota Bima pun masuk 10 besar Sekolah Literasi Terbaik Nasional Tahun 2021. Prestasi ini bukanlah secara tiba-tiba diperoleh. Pada tahun 2020 lalu, siswa MAN 2 Kota Bima atas nama Ahmad Abdul Ghoffar berhasil meraih Juara 1 kategori Lomba Menulis Artikel pada Festival Literasi Nasional 2020. Ada beberapa buku hasil karya siswa MAN 2 Kota Bima pun telah diterbitkan oleh Gerakan Menulis Buku Indonesia (GMBI).

Kegiatan lomba diadakan sejak Agustus 2020 lalu secara online. Seleksi dimulai di tingkat Sekolah hingga tingkat Nasional. Hadiah juara tingkat Nasional berupa piala, piagam, dan uang pembinaan.

Festival Literasi Nasional Tahun 2021 merupakan acara puncak yang diselenggarakan tiap tahun oleh GMBI (Gerakan Menulis Buku Indonesia). Kegiatan ini digelar sejak tahun 2016 lalu. Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi, dedikasi, donasi, dan edukasi bagi peserta program GMBI serta masyarakat umum.

Pesta literasi terbesar di Indonesia ini diikuti oleh ribuan peserta penggiat literasi dari seluruh Indonesia. Peserta program GMB Indonesia yang terlibat, terdiri dari: akademisi, pejabat, pengiat literasi, anggota komunitas, perusahaan peduli pendidikan, dan masyarakat umum.

Banyak acara yang akan diselenggarakan dalam ajang ini, antara lain: Seminar nasional oleh tokoh-tokoh nasional dan pemangku kepentingan, Penyerahan Piagam Rekor MURI, Aksi simbolis penyerahan donasi buku, Penganugerahan Juara, Peluncuran Buku, dan Pagelaran Seni Budaya.   (NR)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *