Astra Motor NTB Edukasi Safety Riding SMPN 15 Mataram

  • Share

Mataram – (23/3) Bertempat di gedung aula Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Mataram, Astra Motor NTB kembali menggelar edukasi safety riding bagi pelajar di sekolah tersebut. Diikuti oleh 39 orang siswa yang berasal dari kelas 9, acara edukasi kali ini berjalan dengan lancar. Dengan dilakukan secara tatap muka, para siswa yang mengikuti edukasi duduk berderetan dengan jarak 1,5 meter. Protokol kesehatan ketat sangat diberlakukan untuk keamanan dan kenyamanan para siswa, guru pendamping serta panitia acara yang berasal dari tim safety riding Astra Motor NTB.

Acara dipandu oleh Satria Wiman Jaya selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor NTB. Tak terasa acara yang dimulai sejak pukul 08.00 wita hingga pukul 10.30 wita berlangsung dengan lancar dan seru terlihat dari keaktifan para pesertanya. Setelah sapa-sapa dan perkenalan yang dilakukan oleh host, diawal sesi diberikan pre-test terlebih dahulu untuk peserta. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengukur pengetahuan peserta tentang keselamatan berkendara sebelum mendapatkan materi. Lalu pemberian materi dibawakan langsung oleh Deni Surahman atau yang akrab disapa Densu. Ia merupakan instruktur Safety Riding AHM Jakarta.

“Pemberian materi oleh Mas Densu dilakukan secara daring, namun hal tersebut tak memupuskan konsentrasi dan antusias dari para siswa yang terlibat. Sebelum materi diberikan oleh Mas Densu, kami memberikan pre-test. Dengan harapan siswa yang semula tidak paham menjadi lebih paham dan mengerti akan bahaya apa saja yang dapat terjadi dijalan raya,” jelas Satria.

Dari hasil pre-test terlihat masih banyak peserta yang belum memahami tentang peraturan berkendara yang baik dan benar. Hasil yang didapat hanya 41% siswa yang menjawab dengan benar. Dan setelah diberikan edukasi para peserta menjadi lebih paham dan mengerti tentang peraturan dan keselamatan dalam berkendara. Terlihat hasil post-test di akhir sesi dengan perolehan skor akurasi 87%.

Achmad Jauhari, S.Pd, M.Pd selaku guru pendamping menyampaikan ucapan terimakasih kepada Astra Motor karena secara konsisten memberikan edukasi keselamatan berkendara bagi siswa/i di SMPN 15 Mataram.

“Kami sangat senang karena Astra Motor NTB sangat peduli terhadap edukasi keselamatan berkendara yang baik dan benar. Walaupun siswa dan siswi kami belum mencukupi usia untuk menggunakan kendaraan bermotor, harapannya edukasi ini dapat menambah wawasan mereka agar tetap berlaku hati-hati dimanapun dan kapanpun. Karena bahaya bisa datang darimana saja,” ucap Jauhari.

Dan sebelum acara ditutup, panitia safety riding Astra Motor NTB memberikan souvenir ekslusive untuk 4 orang siswa yang memperoleh nilai post-test tertinggi. Souvenir yang diberikan berupa produk apparel Honda dan riding gear.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *