Hebat, MAN 2 Kota Bima Peringkat Terbaik 2 Sekolah Literasi Terbaik Nasional Tahun 2021

  • Share

Kota Bima – Prestasi demi prestasi berhasil diraih oleh MAN 2 Kota Bima di kancah Nasional. Dengan motto “Madrasah dengan Tradisi Prestasi”, MAN 2 Kota Bima meraih Peringkat Terbaik 2 Sekolah Literasi Terbaik Nasional Tahun 2021. Predikat ini dianugerahkan pada Festival Literasi Nasional Tahun 2021.

Tak hanya itu, Kepala MAN 2 Kota Bima juga dianugerahi predikat Kepala Sekolah Berprestasi di Bidang Literasi. Juga salah seorang siswa atas nama Muhammad Iqbal berhasil meraih Juara 1 kategori Lomba Menulis Puisi Tingkat Nasional 2021.

MAN 2 Kota Bima termasuk 10 besar Sekolah Literasi Terbaik Nasional Tahun 2021 dan berada di Peringkat Terbaik 2 dari seluruh Indonesia. Adapun 10 besar Sekolah Literasi Terbaik Nasional Tahun 2021, yakni: (1) MAN 2 Banyuwangi (2) MAN 2 Kota Bima (3) MI Plus Walisongo (4) MIN Kota Bima (5) MTs Swasta Al Zahrah Juli Bireuen (6) PKPPS tingkat Wustha/SMP Al Muflihun (7) SDIT Andalas Cendekia (8) SD Labschool UNESA 1 Surabaya (9) SD Muhammadiyah Condongcatur – Sleman Yogyakarta dan (10) SD Muhammadiyah Manyar Kabupaten Gresik.

Predikat Sekolah Literasi Terbaik pantas disandang oleh Madrasah yang berlokasi di Jalan Wolter Monginsidi Nomor 2 Kota Bima ini. Pada tahun 2020 lalu, siswa MAN 2 Kota Bima atas nama Ahmad Abdul Ghoffar berhasil meraih Juara 1 kategori Lomba Menulis Artikel pada Festival Literasi Nasional 2020.

Di MAN 2 Kota Bima, siswa dan guru telah berhasil menerbitkan buku.  Pada tahun 2018 terbit Antologi Puisi dengan judul “Jendela Tak Berkaca”. Kemudian di tahun 2019 terbit Kumpulan Cerpen dengan judul “Catatan Di Balik Bilik”. Pada tahun 2020 semakin meningkat, ada 3 buku yang diterbitkan oleh Gerakan Menulis Buku Indonesia (GMBI) dan telah mendapatkan nomor ISBN, yakni: “Sastrarupa”, “Di Ujung Mata Pedang”, dan “Mengemas Mimpi Dalam Tas”.

Para siswa yang turut berpartisipasi sebagai penulis dalam GMBI mendapatkan sertifikat sebagai Penulis Pemula Skala Nasional. Hal ini sangat membanggakan dikarenakan MAN 2 Kota Bima menjadi satu-satunya sekolah jenjang SMA/MA se Provinsi NTB yang berpartisipasi dalam GMBI dan telah diakui secara Nasional.

Festival Literasi Nasional Tahun 2021 merupakan acara puncak yang diselenggarakan tiap tahun oleh GMBI (Gerakan Menulis Buku Indonesia). Kegiatan ini digelar sejak tahun 2016 lalu. Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi, dedikasi, donasi, dan edukasi bagi peserta program GMBI serta masyarakat umum.

Berprestasi sudah menjadi tradisi di MAN 2 Kota Bima, baik prestasi duniawi maupun ukhrawi. Karena Madrasah Hebat Bermartabat.   (NR)

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *