Sakra Barat, Lotim – Menyiapkan calon pemimpin masa depan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mempunyai daya juang tinggi, kreatif, inovatif, proaktif dan mempunyai landasan iman dan takwa yang
kuat yang diwujudkan melalui perilaku kehidupan beragama yang
moderat sesungguhnya tidak lah mudah.

Madrasah ber-asrama dapat merancang program pendidikan yang komprehensif berdaya saing sampai membangun wawasan global adalah satu solusi dimana perkembangan zaman yang serba moderen sekarang ini menjadi satu tantangan yang harus di hadapi dengan memasukkan anak-anak kita ke sekolah ber-asrama dengan menjalankan program keagamaan yang ketat dan bermartabat.

Juga dapat dipahami bahwa siswa atau santri yang ditempatkan dalam madrasah ber-asrama akan memperoleh ilmu-ilmu agama yang bermanfaat dalam kehidupannya di masa yang akan datang antara lain adanya keteraturan dalam beragama, tumbuhnya rasa kepedulian dalam hidupnya dan tumbuhnya berbagai budaya positif dalam kehidupan ber-asrama.

Madrasah yang ber-asrama dipandang disisi kehidupan keagamaan, sosial dan budaya madrasah ber-asrama adalah kehidupan madrasah yang dimana para peserta didik,para guru dan pengelola sekolah tinggal di lingkungan yang sama dengan kurun waktu tertentu, kehidupan yang menimbulkan rasa empati dan simpati, keteraturan beribadah,budaya literasi, gotong royong dan lain-lain serta menimbulkan rasa kepedulian antar sesama.

Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Wathan nomor 2 Rensing di Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur Contohnya, Sejak setahun lalu sudah mulai menerapkan sistem ber-asrama kepada semua siswa/siswinya yang ditempa dalam satu wadah asrama bernama “Mukhtarul Amin”. Semua dirintis dari nol, hanya ada kemauan dan keinginan tinggi yang tentunya masih banyak membutuhkan dukungan dan sumbangsih dari banyak pihak.

Berbagai program yang mulai diterapkan, Program-program tersebut bukan saja pada sesi agama, namun semua aspek tentang pengetahuan umum sesuai kurikulum sekolah yang berlaku.

Pada akun media sosial Facebook milik salah seorang pembina Santri Sudirman Setiah, media ini mengutip rangkaian program yang sedang dilaksanakan oleh pihak madrsah adalah seperti di bawah ini.

Dalam bidang Keagamaan menjadi salah satu program unggulan yang dilaksanakan setiap pagi dan malam hari dengan dibimbing oleh pembina-pembina yang sudah berpengalaman dalam bidangnya.

1. TAHFIZUL QUR’AN
2. KAJIAN KITAB KUNING
3. BAHASA ARAB { komunikasi dan Qowa’id}
4. HADITS ILMU HADITS dan
5. KITAB LAINNYA (Pogram Diniyah Islamiyah}

Kedua, dalam bidang Olah Raga yang tak kalah pentingnya dalam upaya menyalurkan minat para santri yang tentunya tidak dibatasi dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah diatur pihak Madrasah dan asrama.

1. PENCAK SILAT
2. FUTSAL
3. TENIS MEJA
4. TAKROW
5. BASKET BALL
6. BAD MINTON DLL.

Ketiga, Program Kesenian bernuansa agama sebagai salah satu program baru yang banyak diminati para santri/i sebagai ajang menyalurkan bakat yang ada pada setiap santri.

1. GRUP DRUMBEN
2. GRUP HADROH
3. TILAWAH DAN MUROTTAL

Melihat dan memperhatikan semua program diatas, Madrasah yang sudah puluhan tahun berdiri ini akan mampu bersaing dengan madrasah ber-asrama lainnya di Indonesia wabilkhusus Pulau Lombok dan sekitarnya jika didukung dengan memasukkan anak – anak kita kedalamnya untuk di didik menjadi insan yang berbudi luhur/berakhalqul karimah untuk menyongsong masa depan yang semakin keras dalam kehidupan yang serba moderen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *