Info MAN 1 Sumbawa_Kegiatan pada hari ini , Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa Drs.H.Syamsun Ilyas melounching Loga Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa dan Pemberian Reword kepada siswa siswi Berprestasi , Rabu 31/03/2021.

Hadir kegiatan ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa, Kasi Pendidikan Madrasah Suryanto,S.Ag, Pengawas Pendidikan Madrasah Muhibbi,M.Pd,Kepala Madrasah beserta Jajarannya Ketua Komite, Kepala Bank Syariah Indonesia Cabang Sumbawa serta siswa siswi kelas XII yang akan menerima reword dan beberapa siswa yang mewakili secara simbolis purna siswa tahun pelajaran 2020/2021.

Pemberian Reword Prestasi dari Bank Syariah Indonesia (BSI ) kepada para siswa MAN 1 Sumbawa tersebut adalah Prestasi siswa siswi Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa atas nama IDCHA SUMANTARA ALFARISI kelas XII IPA 1 , juara 1 Kompetisi Sanis Nasional Tingkat Kabupaten, Juara 1 Kompetisi Sains Nasional Tingkat Provinsi, Juara 2 Kompetisi Sains Madrasah Online Tingkat Provinsi , atas nama NABILA SALSABILA kelas XII IPS 1 juara 1 Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Tingkat Provinsi dan atas nama RATIH ALFITA HIDAYAT kelas XII IPA2 sebagai Duta Remaja Pariwisata dan Duta Anti Narkoba Tingkat Provinsi.

Dalam pembuatan logo Madrasah , Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa menuangkan dalam Keputusan Tim Perumus pembuatan logo sesuai dengan surat tanggal, 18 Maret 2021 no. 13.a Tahun 2021 serta Tim perumus ,Penanggung jawab Drs. Fathurrahman, Ketua Tim Perumus Zulhidayat, S.Pd, Sektretaris Muh.Ari Gazali, S.Pd dan anggota : Muhammad Ridwan,S.Ps, Usmanuddin,S.Ag, Zulkarnain, S.Pd, Drs.Ahmad, Dra.Khairiyah,Nur Hasanah, S.Pd dan Bustanuddana, S.Pd.Dengan mengacu pada hasil kerja Tim Perumus yang telah ditetapkan pihak madrasah dan mengacu pada masukan dari komponen madrasah termasuk siswa, maka degan ini kami selaku Kepala MAN 1 Sumbawa menetapkan logo yang disertai makna filosofi dari logo MAN 1 Sumbawa yang selanjutnya menjadi acuan dan identitas MAN 1 Sumbawa lainnya sebagai berikut:

Filosofi Logo MAN 1 Sumbawa
1. Garis Hitam Segi Lima : bermakna dasar negara Indonesia “Pancasila”, serta rukun Islam.
2. Garis di bawah buku berjumlah 6 : bermakna rukun iman, yang artinya dalam berilmu harus didasari oleh keimanan.
3. Buku/Kitab Suci : bermakna ilmu pengetahuan/menyiratkan makna simbolik bahwa pedoman hidup dan kehidupan harus ditempatkan pada proporsi yang sebenarnya sesuai potensi dinamis dari kitab suci.
4. Obor : bermakna penerang, yang artinya insan yang berilmu dan beramal yang didasari oleh keimanan akan menjadi penerang bagi kehidupan disekitarnya.
5. Lafadz Allah di atas Obor : bermakna ketauhidan, yang artinya bahwa Allah merpakan tujuan akhir dari segalanya.
6. Lidah Api Disamping Kanan Dan Kiri Berjumlah Lima : bermakna spirit/semangat dan keseimbangan dalam menjalankan lima nilai budaya kerja Kementerian Agama.
7. Warna Dasar “Biru” : bermakna kecerdasan dan ketenangan, yang artinya insan yang cerdas akan menemukan ketenangan dalam hidupnya.
8. Tulisan “MAN 1 Sumbawa” Warna Putih Yang Dituliskan Pada Pita Warna Hijau : bermakna kesucian jiwa civitas akademika MAN 1 Sumbawa yang menyeimbangkan antara kehidupan dunia dan akhirat, sehingga mampu menciptakan kedamaian.

Laporan Kepala MAN 1 Sumbawadalam rangka Lounching Logo MAN 1 Sumbawa Pendidikan adalah modal utama bagi suatu bangsa dalam upaya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang dimilikinya. Sumberdaya manusia yang berkualitas akan mampu mengelola sumber daya alam untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
MAN 1 SUMBAWA sebagai salah satu Madrasah unggulan di kab Sumbawa senantiasa berusaha mewujudkan apa yang menjadi harapan pemerintah dan masyarakat melalui serangkaian kegiatan dan program kerja yang berorientasi kepada peningkatan kualitas dan daya saing lulusan.
Dalam rangka merealisasikan hal tersebut perlu dijalin kerjasama dan komunikasi yang baik antara pihak sekolah, masyarakat dan pemerintah. Dalam kesempatan yang baik ini saya perkenalkan beberapa program madrasah yang akan diluncurkan, yang sudah diluncurkan dan yang hari ini akan kami luncurkan antara lain Website madrasah, INFO MANSia, Info MAN untuk Anda dan hari ini kami coba melaunching dan meresmikan LOGO baru MAN 1 SUMBAWA.

LOGO ini kami hadirkan dalam rangka memperingati hari ulang tahun MAN 1 SUMBAWA yang ke 43 yang telah didirikan pada tgl 16 Maret 1978, dan sekarang memasuki tgl 16 Maret 2021 yang sekalipun waktunya sudah lewat dan masih dalam bulan yang sama ) untuk memperkenalkan MAN 1 SUMBAWA di tengah tengah masyarakat, mendekatkan diri dengan masyarakat, dengan pemerintah, dengan stakeholder dalam rangka kiprah lembaga MAN 1 SUMBAWA yang selama ini sudah dikenal luas oleh masyarakat Sumbawa khususnya dan umumnya masyarakat Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan launching dan peresmian LOGO MAN 1 SUMBAWA yang kita laksanakan pada hari ini, tidak lepas dari dukungan penuh dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kab Sumbawa dan jajarannya serta Lembaga Perbankan yang ada di Kab Sumbawa khususnya pimpinan Bank Syariah Indonesia Cabang Sumbawa yang telah mensupport, mendukung, memodali kami dari penyediaan spanduk kegiatan, menyiapkan snack kegiatan, sampai santap siang yang akan kita nikmati hari ini, semuanya berkat dukungan dari lembaga Bank Syarian Indonesia Cabang Sumbawa, sekali lagi atas dukungan dan partisipasi dari lembaga beliaulah pelaksanaan acara hari ini bisa terlaksana dengan baik dan lancar.

LOGO MAN 1 SUMBAWA yang akan kita launchingkan dan resmikan hari ini berbentuk segi lima, ada sejumlah 6 buah buku didalamnya, ada sebuah kitab suci, ada obor, ada lafadz allah diatas obor, ada lima lidah api disamping kiri dan kanan, LOGO tersebut didasari dengan warna biru dan yang terakhir ada tulisan man 1 sumbawa berwarna putih yang dituliskan pada pita warna hijau.
Itulah gambaran LOGO MAN 1 SUMBAWA yang makna semuanya akan di perjelas oleh ketua team perumus dan perancang LOGO MAN 1 SUMBAWA sdr Zulhidayat, S. Pd
Hadirin yang berbahagian
Satu info untuk hadirin semuanya, bahwa MAN sia adalah sebuah media Publikasi seluruh kegiatan yang ada di MAN 1 Sumbawa dengan slogan : INFO MANSia, Info MAN untuk Anda”
Info MANSia juga merupakan media promosi MAN 1 Sumbawa dalam rangka ikut mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan UUD 1945.
Melalui media ini, diharapkan seluruh kegiatan bahkan prestasi yang diperoleh MAN 1 Sumbawa, bisa dikenal bahkan dikenang oleh masyarakat Sumbawa khususnya dan umumnya masyarakat NTB bahkan Indonesia
Lewat kesempatan ini saya mengajak kita semua…mohon dukungan serta doa Bapak IBu Keluarga Besar MAN 1 Sumbawa dan Keluarga Besar Kementerian Agama, semoga Info MANSia, Info MAN untuk Anda semoga membawa berkah dan manfaat
Hadirin yang berbahagia
Website yang akan kita luncurkan nanti dikesempatan yang lain dengan tujuan menjalin komunikasi dan mengawali kerjasama yang baik antara pihak Madrasah, siswa, wali murid, msyarakat dan Pemerintah. Komunikasi ini akan sangat berguna bagi semua pihak yang berkepentingan, bagi pihak sekolah informasi yang didapat dari masyarakat akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dan evaluasi kebijakan yang ada, di sisi lain pihak sekolah juga dapat menyampaikan dan mensosialisasikan program serta kebijakan madrasah.
Semoga situs web ini dapat memberikan manfaat bagi siapa saja yang mengunjungi.
Sebelum kami mengakhiri sambutan ini, kami mohon berkenan kepada bapak kepala kantor kementerian agama kab Sumbawa pada waktunya nanti untuk dapat melaunching dan meresmikan LOGO man 1 sumbawa secara resmi.
Dalam sambutan Kepala Kantor Keenterian Agama Kabupaten Sumbawa Drs.H.Syamsun Ilyas menyampaikan bahwa Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa adalah Madrasah Unggulan di Kabupaten Sumbawa, kalau dulu masyarakat dinilai merupakan Madrasah Alternatif namun dengan perkembangan zaman Madrasah sekarang menjadi pilihan ,karena Madrasah terus berjuang dengan daya saing dengan sekolah sekolah lain .Madrasah terus berbenah dan bersinergi antara guru dengan para siswa dan siswa dengan siswa, membuat gagasan dan inovasi .

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *