Muhammad Iqbal, Siswa MAN 2 Kota Bima Duta Literasi Nasional 2021

Muhammad Iqbal, Siswa MAN 2 Kota Bima Duta Literasi Nasional 2021

Kota Bima – Muhammad Iqbal, siswa Madrasah Aliyah (MA) Negeri 2 Kota Bima menerima penganugerahan sebagai Duta Literasi Nasional Tahun 2021. Hal ini dikarenakan Iqbal, sapaan akrabnya, meraih Juara 1 kategori Lomba Menulis Puisi pada Festival Literasi Nasional Tahun 2021.

Iqbal yang tahun 2021 ini menyelesaikan pendidikannya dari MAN 2 Kota Bima menulis puisi yang berjudul “Pesan Damai untuk Nusantara”. Puisinya tersebut berisi tentang toleransi, menghargai perbedaan, dan kekuatan kebersamaan.

Iqbal lahir di Tangerang pada 2 Oktober 2003. Anak kedua dari 2 bersaudara pasangan Mursalin dan Sri Suharti ini memang memiliki kegemaran menulis dan membaca puisi. Iqbal mengaku bercita –cita menjadi seorang pengacara.

Festival Literasi Nasional (FLN) Tahun 2021 merupakan puncak acara dari program-program GMBI (Gerakan Menulis Buku Indonesia). MAN 2 Kota Bima telah 2 kali sebagai Juara terbaik 1 Nasional. Pada Tahun 2020 Juara 1 kategori Lomba Menulis Artikel dan Tahun 2021 Juara 1 kategori Lomba Menulis Puisi.

MAN 2 Kota Bima juga menerima penghargaan sebagai Sekolah Literasi Terbaik Nasional Tahun 2021. Tak hanya itu, Kepala MAN 2 Kota Bima juga dianugerahi predikat Kepala Sekolah Berprestasi di Bidang Literasi.

Semua prestasi yang telah ditorehkan ini bukanlah diraih secara instan dan tanpa sebab. Budaya literasi di madrasah  yang berlokasi Jalan Wolter Monginsidi Nomor 2 Kota Bima ini sudah berjalan cukup lama.

Tim Literasi MAN 2 Kota Bima dibentuk pada Agustus 2019. Terdiri dari guru bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia di madrasah setempat.

Di MAN 2 Kota Bima, siswa dan guru telah berhasil menerbitkan buku.  Pada tahun 2018 terbit Antologi Puisi dengan judul “Jendela Tak Berkaca”. Kemudian di tahun 2019 terbit Kumpulan Cerpen dengan judul “Catatan Di Balik Bilik”. Pada tahun 2020 semakin meningkat, ada 3 buku yang diterbitkan oleh Gerakan Menulis Buku Indonesia (GMBI) dan telah mendapatkan nomor ISBN, yakni: “Sastrarupa”, “Di Ujung Mata Pedang”, dan “Mengemas Mimpi Dalam Tas”.

Para siswa yang turut berpartisipasi sebagai penulis dalam GMBI mendapatkan sertifikat sebagai Penulis Pemula Skala Nasional. Hal ini sangat membanggakan dikarenakan MAN 2 Kota Bima menjadi satu-satunya sekolah jenjang SMA/MA se Provinsi NTB yang berpartisipasi dalam GMBI dan telah diakui secara Nasional.

Penerimaan piagam penghargaan dilakukan secara langsung oleh panitia kepada peserta yang mendapatkan Juara Terbaik di Senyala Collabspace Jalan Kartika  Nomor 60 Jebres Surakarta Solo, Kamis (08/04).

Iqbal ditemani pembinanya Rozali Jauhari Alfanani, guru mata pelajaran bahasa Indonesia di MAN 2 Kota Bima dan merupakan Penggerak Literasi daerah NTB.

Festival Literasi Nasional Tahun 2021 merupakan acara puncak yang diselenggarakan tiap tahun oleh GMBI (Gerakan Menulis Buku Indonesia). Kegiatan ini digelar sejak tahun 2016 lalu. Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi, dedikasi, donasi, dan edukasi bagi peserta program GMBI serta masyarakat umum.

(NR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *