Nuzulul Qur’an MTs NW 2 Rensing, Mari Perbanyak Baca Al-Qur’an

  • Share

Rensing-Sakra Barat, Santri Asrama Mukhtarul Amin MTs NW Nomor 2 Rensing yang ada di Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat hari ini Selasa, 16 Ramadhan 1442 H./27/042021 (malam Rabu) mengelar peringatan Hari Besar Islam Nuzulul Qur’an yang bertempat di Halaman Madrasah.

Kegiatan ini dihadiri TGH. Muhammad Wirajaya, Lc sebagai penceramah, Ust Abdul Hayyi Nu’man Alhafiz yang juga salah satu pembina tahfiz, Kepala Madrasah H. Safaruddin, S.Pd.I, Pembina beserta guru, Wali santeri dan Santri santriwati Asrama Mukhtarul Amin.

Peringatan yang digelar sederhana tersebut merupakan acara yang sering dilaksanakan ketika Ramadhan tiba dan merupakan momen yang selalu di nanti oleh para santeri dan pembina asrama dan guru madrasah.

Dalam ceramah pengajiannya, TGH. Muhammad Wirajaya, Lc menyampaikan bahwa malam ini adalah malam ke 16 ramadhan, Alhamdulillah masih diberikan kesehatan dan keafiatan sehingga bisa hadir dalam acara yang di gelar.

Tuan guru lulusan Al Azhar mesir ini di setiap ceramahnya dimana-mana selalu mengawalinya dengan pembacaan salawat atas nabi sebagai ciri khasnya dengan melagukannya dengan sangat merdu.

Kita harusnya bangga dengan anak anak kita yang sekarang diasramakan untuk menuntut ilmu di madrasah ini, Berbagai program disuguhkan dalam ptoses belajar mengajar, semua harus kita dukung agar anak – anak yang kita titipkan di sini nantinya benar-benar menjadi insan yang bermartabat dan berguna untuk masyarakat dan agama.

Satu hal yang sangat penting yang sekarang ini sedang diprogramkan oleh para pembina asrama yakni, Tahfizul Alquran yang merupakan petunjuk, sebagai pembeda serta sebgai jalan kita bertaqwa pada allah SWT, Terangnya.

Lebih lanjut Tuan Guru menyampaikan tentang dua hal yang tak lepas dari pembicaraan kita ketika ramadhan tiba yakni kalimat Nuzulul Qu’ran Dan Lalilatulqadar.

Nuzulul Qur’an dimana diturunkannya Al-quran pada Malam ke 17 ramadhan yakni ayat 1 -5 surat Al Alaq. Kitab suci seperti Taurat, Injil dan Alqur’an diturunkan pada bulan ramadhan. Itulah kelebihan dari bulan Ramadhan sebagai bulan yang mulia, Jelasnya.

Lalu yang ke dua adalah Lailatulqadar, di sebut oleh Imam Attabari, menurutnya alquran diturunkan semua dari jus 1 sampai 30 ke dunia sebelum ke baginda Nabi Muhammad SAW.

Ia juga sedikit menyampikan Kelebihan beribadah di malam Lalilatulqadar sama kita beribadah selama 80 tahun, ini seperti yang di sebutkan oleh para ulama.

Di akhir ceramahnya, Tuan Guru bersuara nyaring dan merdu ini Mengajak wali murid harus istiqomah untuk menyerahkan anakknya untuk di didik, orang tua harus hormat pada yang mengajarkannya. Mari perbanyak membaca Alqur’an.

Selanjutnya di ceramah kedua yang disampaikan Ust. Abdul Hayyi Nu’man Alhafiz yang intinya mengajak jama’ah yang hadir untuk memperbanyak membaca alqur’an dan berharap santri yang di bimbingnya akan mengikuti jejak para hafiz untuk terus menghafal ayat-ayat Al-Qur’an dengan tekun sebagai bekal menuju Allah SWT nantinya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *