Kerennya, Siswa MAN 2 Kota Bima Dapat Beasiswa Prestasi SMART Scholarship Nasional 2021

  • Share

Kota Bima – Sri Sukmawati, siswa yang saat ini duduk di kelas XI IPA MAN 2 Kota Bima lolos seleksi sebagai penerima beasiswa prestasi SMART Scholarship 2021. Hasil akhir seleksi YBM BRI Smart Scholarship, perwakilan dari Kota Bima, hanya 2 orang yang lolos, yakni Sri Sukmawati bersama siswa dari MAN 1 Kota Bima.

Program SMART Scholarship merupakan program Yayasan Baitul Maal (YBM) Bank Rakyat Indonesia (BRI). Program ini diikuti oleh siswa tingkat SMA/SMK/MA dari seluruh Indonesia.

Untuk mengikuti program ini, ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi, seperti: siswa yang memliki potensi akademik baik dan memiliki motivasi berprestasi tinggi, akan tetapi ada keterbatasan finansial. Hal ini dibuktikan dengan nilai raport dan sertifikat/piagam penghargaan yang dikirim ke panitia seleksi.

Fasilitas yang akan didapat bagi yang dinyatakan lolos seleksi, yakni: tunjangan prestasi sebesar Rp 250.000/bulan, jejaring, penguatan soft skill, mendapatkan pembinaan dari lembaga, mendapatkan atribut khusus, dapat mengikuti proses seleksi Awardee Smart Scholarship PT melalui jalur afirmasi, dan dapat mengikuti proses seleksi Awardee Bright Scholarship melalui jalur afirmasi.

Proses seleksi program ini cukup ketat. Tahapan yang harus dilakukan adalah registrasi secara online, kemudian mengirimkan kelengkapan berkas persyaratan yang diminta melalui form online. Jika lolos seleksi berkas, maka berhak mengikuti wawancara.

Awalnya daftar online dulu, baru pengiriman berkas-berkasnya. Kalau lulus seleksi administrasi, panitia menghubungi untuk ikut wawancara secara online”, ungkap Sri, sapaan dari Sri Sukmawati.

Yayasan Baitul Maal (YBM) Bank Rakyat Indonesia (BRI) Smart Scholarship membuka program beasiswa bagi siswa SMA/SMK/MA serta mahasiswa dari PTN mitra YBM BRI.  Penerimanya berkesempatan untuk mengikuti proses seleksi Awardee Smart Scholarship tingkat PT (dari jenjang SMA sederajat) dan seleksi Awardee Bright  Scholarship melalui jalur afirmasi. Selain itu, Awardee juga dibekali pembinaan secara berkala, terencana, dan terarah guna menghasilkan SDM yang unggul, berkarakter, memiliki kompetensi, dan berdaya saing.

(NR)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *