Bu Kus Catering: Dari Nasi Rawon Car Free Day Udayana Hingga Istana Presiden

Bu Kus Catering: Dari Nasi Rawon Car Free Day Udayana Hingga Istana Presiden

Sebagai juara 1 (satu) di ajang kompetisi penerapan 5R se Indonesia yang digelar oleh Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) tentu melalui tahapan yang cukup panjang bahkan agar catering bisa tumbuh berkembang dan dikenal masyarakat tentu tidaklah mudah.  Berikut penuturan Wagini ,SH sebagai pemilik dari Bu Kus Catering Juara 1 dalam Kompetisi penerapan 5R ditempat kerja.

Bu Kus Catering awal mula dari pedagang makanan di Car Free day udayana tahun 2009 silam karena di sana adalah pusat kuliner tapi sayangnya penjual makanan itu tidak variatif menunya … untuk  itu Bu Kus Catering tergerak untuk menjual sarapan yang beda, Alhamdulilah dengan menjual lontong sayur dan rawon adalah makanan unik pada saat itu yang menjadi kegemaran pelanggan.

Pelanggan suka dan alhamdulilah semakin hari semakin rama, pelanggan sampai harus pakai nomor antrian . Dari sini dapat tawaran dari PT.Astra International Tbk. Dasan Cermin untuk melayani makan siang karyawan sejumbalah 90 karyawan.

Lebih jauh Wagini menuturkan semua berjalan apa adanya alat seadanya manfaati alat alat yang ada . Kemudian merambah ke event-event astra seperti Ulang Tahun Astra, Event gelaran Safety Reading dll. Dari hasil yang di dapat dari catering harian tersebut, Wagini menyisihkan untuk membeli alat alat yang standart catering tidak semua bisa dibeli tapi secukupnya menyesuaikan dana yg ada .

Seiring berjalannya waktu Bu Kus Catering merambah ke catering wedding, di sini mendapat tantangan yang sangat sulit dan harus berpikir keras, satu sisi adalah kesempatan dan sisi lain kendala peralatan, tetapi Bu Kus Catering pantang mundur,  Bu Kus Catering tetap semangat dan harus action, yang pada  akhirnya diputuskan untuk menyewa seluruh peralatan wedding catering karna peralatan milik Bu Kus Catering belum begitu layak untuk ditampilkan sekelas event wedding yang professional. Akhirnya harus berani memutuskan untuk sewa.

Kata Wagini, kalau dihitung , Bu Kus catering tidak dapat untung di sini, tapi, Wagini berpikir ke untungannya adalah promosi untuk memperkenalkan Bu Kus Catering di tamu undangan.

Pepatah bilang “Berakit rakit kehulu, Berenang-renang ketepian” Ivent 1 (satu) wedding Alhamdulilah sukses, dari sinilah Bu Kus Catering terus merangkak, dapat job walau standart kecil tapi terus bekerja keras untuk membangun brand Bu Kus Catering.

Alhamdulilah perjalanan catering sampai sekarang di tahun 2011 bulan 11 tangal 11, Wagini meresmikan pendirianya Bu Kus Catering, perjalanan Bu Kus Catering tidak terlepas dari pendampingan Bunda Lindrawati Angkawijaya seorang PNS sekaligus Koordinator PPKP Mataram yang terus mensuport dan pendampingan, dan di tahun 2010 Bu Kus Catering dikirim oleh Dinas Koprasi UKM NTB ke Bangkok Thailand untuk mewakili UKM NTB dan Indonesia belajar di Khonken University Thailand beserta 27 negara Asia Afrika.

Wagini mengucapkan Alhamdulilah terimakasih suportnya Dinas Koprasi UKM NTB, Bu Kus Catering bisa mewakili UKM NTB. Tahun 2017 Alhamdulilah Bu Kus Catering mendapat predikat UKM Mandiri terbaik dari YDBA jakarta dan di kirim ke Jepang untuk sekolah selama 2 minggu. Terimakasih YDBA, pada tahun 2014 Bu Kus Catering di percaya untuk melayani Presiden RI Joko Widodo dan 2013 di percaya melayani program MCA Amerika yang kegiatanya di laksanakan di lombok selama 2 tahun, semua itu tidak terlepas dari bimbingan yang di berikan ke Bu Kus Catering oleh Bu Lindrawaty Angkawijaya selaku perwakilan YDBA yang ada di Mataram (LPB PPKP mataram ) dan YDBA Jakarta yang sudah banyak membantu dengan program pelatihan 5R QCC. HRD . Pembukuan dan lain-lain, pendampingan, juga vadilitasi pembiayaan.

Berkat Ilmu itu Wagini selaku pemilik Bu Kus Catering  mengimplementasikan ke usaha catering mliknya, walau sekelas home industri tetapi ilmu-ilmu itu sangat oenting terutama 5R sangat membantu dalam program kerja Bu Kus Catering bisa terarah, efisien.dan tertata, dengan begitu akan berdampak dengan hasil produksi yang maksimal dan berkuwalitas.

Trimakasih YDBA, apa itu 5R (Ringkas Rapi Resik Rawat Rajin) Bu Kus catering melayani dg amanah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *