Sinkronisasikan Program, Aku Mandiri Datangi Diskop UKM NTB

Sinkronisasikan Program, Aku Mandiri Datangi Diskop UKM NTB

Asosiasi Industri Usaha Kecil Dan Menengah (Aku Mandiri) datang bersilaturrahmi dengan Kepala Dinas Koperasi UKM NTB sebagai langkah awal dalam menjalankan roda organisasi untuk menggeliatkan perekonomian NTB melalui UMKM. (06/05/2021)
Sekjen Aku Mandiri Nasrudin saat di temui mengatakan niat awalnya akan bersilaturrahmi dengan Gubernur dalam rangka mensinkronisasikan program-program kegiatan yang ada di Asosiasi Industri UKM Provinsi NTB, namun Gubernur sendiri langsung mengarahkan ke Dinas Koperasi UKM NTB sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah NTB yang berkecimpung langsung dengan UMKM.
“Alhamdulillah sampun ketemu sama pak Gubernur dan beliau mensuport dan mendukung kegiatan kita kedepan”.” Tutur Nasrudin
Kata Nasrudin, pada prinsipnya Aku Mandiri ini merupakan Asosiasi Industri Usaha Mikro Kecil dan menengah yang mewadahi temen-temen UMKM pada umumnya.
“Jadi geliat-geliat ekonomi ini perlu kita dukung kerja nyata yang diperkuat dengan beberapa kegiatan”.Ujarnya
Dengan Diskop UKM sendiri Kata Nasrudin, sesuai dengan hasil diskusi, agenda kedepan semua kegiatan bisa sinkron dan nyambung, bagaimana Aku Mandiri ini bisa nyambung bersinergi, tentu ada sinkronisasi program kerja dan program JPS Gemilang pun bisa disinkronkan dengan Aku Mandiri melalui program peningkatan Cafacity Building bagi teman-teman UMKM.
Lebih jauh Nasrudin mengatakan rencananya untuk kegiatan kedepan dimasa pandemic covid-19 ini Asosiasi Industri UMKM memberikan stimulant kepada anggota berupa kemudahan dalam memperoleh akses permodalan ke perbankkan , kemudian melalui program pendidikan dan pelatihan pemasaran dan management, selanjutnya pelatihan branding produk.
“Kemudian Persiapan akan diadakan Aku Mandiri Expo UMKM se NTB dalam waktu dekat sekitar bulan juni atau juli yang nantinya akan menjadi perluasan pemasaran bagi temen-temen UMKM”. Ujar Nasrudin
Asosiasi Industri UMKM yang beralamat di Komplek Edelwais BTN Sweta Sandubaya Mataram , kini telah memilki anggota lebih dari 15.000 UMKM Se NTB.
Kepala Dinas Koperasi UKM NTB Drs.H.Wirajaya Kusuma,MH saat menerima “Aku Mandiri “ mengatakan pemerintah NTB dan pusat saat ini sedang giat-giatnya akan menjadikan UMKM NTB menjadi central sebagai penyokong utama dalam rangka pemulihan perekonomian bangsa.
Kata H.Wirajaya untuk menggeliatkan kembali UMKM di masa pandemic covid-19, gubernur merangkul UMKM dengan cara membeli berbagai macam jenis produk mereka kemudian di masukkan ke Program JPS Gemilang (Jaring Pengaman Sosial) yang diperuntukkan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19. Selain itu gubernur juga mengeluarkan pergub terkait dengan bela Beli produk UMKM yang tertuang dalam pergub. No.43 tahun 2020 tentang pemberdayaan UMKM melalui bela beli produk UMKM.
Diskop UKM NTB sendiri ,untuk meningkatkan cafacity building UMKM, banyak program di laksanakan seperti Diklat melalui UPTD Balatkop NTB, serta kerjasama dengan YDBA (Yayasan Darma Bakti Astra) dibidang perbengkelan (mekanik sepeda motor) , pemasaran Online dan Offline kerjasama dengan dengan Go Food dan Go-Jek ditambah dengan gelaran event-event yang melibatkan dalam rangka ikut memasarkan produk mereka.
H.Wirajaya sangat mendukung dan mensuport segala kegiatan AKu Mandiri (Asosiasi Industri UMKM) dengan harapan semua program dan kegiatan yang akan dilakukan bisa disinkronisasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *