12 Tips #Cari_ Aman Berkendara Motor Jarak Jauh Saat Malam Hari

  • Share

Mataram – Kebanyakan orang memilih berkendara diwaktu malam hari untuk bepergian jarak jauh, dikarenakan kondisi jalan pada saat malam hari sangat sepi sehingga dapat menghindari kemacetan dan bisa mempercepat pengendara sampai dengan cepat dibandingkan pada saat siang hari. Berkendara pada malam hari tidak lebih aman daripada siang hari. “Pada dasarnya jalanan adalah tempat yang harus diwaspadai. Karena segala ketidakmungkinan menjadi mungkin dan apa yang di planningkan bisa saja gagal karena sebab tertentu,” ucap Satria Wiman Jaya selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor NTB.

Berikut tips #Cari_Aman yang akan membantu memperlancar perjalananmu pada malam hari:

1. Cek kondisi cuaca dan jalan ke rute tujuan
Nah sebelum bekendara dimalam hari diharapkan sebelumnya untuk dapat melihat perkiraan cuaca dimana jalan yang akan dilewati untuk sampai ke tujuan, apakah hujan, angin kencang, atau cuaca yang bagus, agar kalian juga bisa well prepare untuk ketika terjadi hujan dll. Dan juga jangan lupa cari berita ter update tentang kondisi jalanan yang akan kalian lalui, apakah ada longsor, jembatan yang putus, atau jalalan yang sekedar berlobang, biar kalian bisa memilih jalan dengan kondisi yang baik agar sampai dengan cepat dan selamat sampai tujuan tanpa terkendala oleh cuaca dan kondisi jalan.

2. Sebelum cek kondisi kendaraan, cek dulu kondisi tubuhmu
Berkendara dengan kondisi tubuh kurang fit akan memperbesar peluang terjadinya kecelakaan. Konsentrasi dan kemampuan kita memperkirakan jarak berkurang drastis. Jadi sebaiknya ketika kondisi tubuh kurang fit, kalian harus menunda untuk berkendara dan lakukan plan ulang untuk bepergian agar kalian tetap aman dan bisa berkumpul di rumah dengan sanak saudara dan keluarga.

3. Cek kondisi kendaraan
Nah pada bagian ini kalian harus lebih teliti nih, agar kalian tidak terkendala dijalan, bukannya sampai tujuan dengan cepat malah kesusahan dijalan karna kondisi kendaraan yang tidak sehat. Nah, jangan lupa cek dulu kondisi kendaraan kalian pastikan semua komponen berfungsi dengan semestinya, ini nih yang perlu kalian cek:
-Bahan bakar,Rantai/Vbelt, Ban,Rem, Lampu, Baut, Beterry Radiator, Spion,
Nah yang paling penting di cek si kondisi Ban, Rem dan Lampu si yang sering kita gunakan

4. Mau mudik atau mau pindah rumah?
Jika kalian mau mudik, atau cuman akan menginap beberapa hari, bawalah barang yang menurut kalian paling penting, jadilah pengendara yang bijak ya dalam menentukan barang bawaan kalian yaa

5. Hindari obat penyebab kantuk
Sebelum melakukan perjalanan, hindari obat-obatan yang menyebabkan kantuk. Atau jika obat tersebut terpaksa harus diminum, minumlah 3 jam sebelum jam keberangkatan.

6. Anggap pos polisi sebagai hotel mewahmu
Jangan memaksakan untuk tetap berjalan sedangkan kamu sudah merasa lelah dan ingin tidur. Mampirlah ke pom bensin bensin atau masjid-masjid untuk beristirahat. Dengan tidur, stamina tubuh akan membaik. Jika kedua tempat tersebut tidak dapat kamu temui di jalan, kamu bisa menginap di pos polisi ataupun tempat-tempat umum lainnya. Percayalah, mereka tak akan menolak sekadar memberi tempat berbaring.

7. Mengatur jarak pandang
Dalam kondisi ini jika kondisi jalan sepi, gunakanlah lampu jarak jauh, dan jika ramai gunakanlah jarak dekat agar jarak penglihatan lebih jelas.

8. Secinta apapun pada warna hitam, hindari menggunakan baju itu di malm hari
Gunakan jaket atau rompi berwarna cerah, atau yang terdapat zat fluorescence yang memiliki warna hijau menyala. Atau paling simpel, tempelkan stiker yang menyala pada motor. Sehingga mudah terlihat oleh pengendara lain.

9. Karena jalanan bukan jalan nenek moyang kalian, bijaklah dalam berkendara dan hargai pengendara lain.

10. Jaga kewaspadaan, sepengalaman apapun kita, jalanan tak bisa diprediksi
Jangan lupakan poin utama ini. Serapi apapun kita membuat rencana, peralatan SNI, atau bahkan internasional, ratusan kali melewati jalur yang sama dan merasa diri sudah cukup berpengalaman, tak ada yang bisa memprediksi apa yang terjadi di jalan. Tetap waspada dan berkendara sesuai aturan, tak hanya demi keselamatan diri sendiri, namun juga keselamatan orang lain.
“Dan jangan lupa, pakai Riding Gear kalian, persiapkan SIM & STNK, jangan lupa #Cari_Aman,
Semoga tips ini bermanfaat,” tutup Satria Wiman Jaya. (MD Astra Honda Motor)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *