Shalat Gerhana di Rensing Bat Berlangsung Haru

  • Share

Sakra Barat,Lotim – Masjid Jami’ Nurul Islam Desa Rensing Bat Kec. Sakra Barat Kab. Lombok Timur menggelar sholat khusuf atau gerhana bulan, pada Rabu (malam Kamis), 26 Mei 2021.

Shalat gerhana bulan diselenggarakan usai shalat jamaah isa sekitar pukul 19.55 wita diikuti oleh ratusan jamaah, dipimpin oleh Imam TGH. Zakaria Al Anshori dan bertindak sebagai Khotib Ustadz Bukran,QH.,M.Pd

Sebelum dilaksanakan sholat gerhana para jamaah diberikan informasi terkait tata cara pelaksanaan sholat gerhana bulan (khusuf) oleh Pengurus Remaja Masjid Jami’ Nurul Islam Desa Rensing Bat

Shalat gerhana bulan berlangsung dengan penuh haru dan khusyuk, usai khotib membacakan khotbahnya, Imam sholat khusuf TGH. Zakaria Al Anshori mengajak jamaah yang hadir untuk beristighfar dan berdoa yang membuat tak sedikit jamaah yang Terharu hingga mengeluarkan air mata.

Sholat gerhana bulan (Khusuf) (26/5/2021) di Masjid Jami’ Nurul Islam Desa Rensing Bat merupakan kali kedua dilaksanakan, pertama dilakukan secara berjamaah pada Super blue blood moon atau saat gerhana total bulan tampak merah darah pada malam Kamis, 31 Januari 2018 lalu. Sholat Khusuf adalah ibadah sunnah muakkad (yang sangat dianjurkan).

Ketua Pengurus Remaja Masjid Jami’ Nurul Islam Desa Rensing Bat Nuruddin, M.Pd mengatakan bahwa salat gerhana bulan (khusuf) ini diselenggarakan untuk mengajak jamaah Masjid Jami’ dan masyarakat muslim untuk mengikuti anjuran Rasulullah. Menurutnya, Rasulullah menganjurkan apabila melihat gerhana bulan atau gerhana matahari, umat muslim diminta berdo’a kepada Allah, bertakbir,shalat dan bersedekah.

Selain itu juga kata Nuruddin kegiatan Sholat Khusuf yang dilaksanakan di Masjid jami’ ini sebagai salah satu cara memberikan edukasi kepada jamaah tentang pelaksanaan sholat khusuf yang jarang dilakukan dan tak kalah penting adalah dengan momentum gerhana bulan manusia dapat mensyukuri atas kekuasaan Allah dengan segala ciptaan dan ketentuan-Nya, dengan memperbanyak Ibadah itu disertai dengan bertaubat (n_din).

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *