Siswa MAN 2 Kota Bima Jadi Duta NTB Paskibraka Nasional 2021

  • Share

Kota Bima – Yasser Ramadhani, Siswa MAN 2 Kota Bima yang saat ini masih duduk di kelas X IPA ini telah resmi ditetapkan sebagai salah satu anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional Tahun 2021.

Dani, begitu biasa disapa, menjadi Duta Provinsi NTB kategori Putra bersama siswi dari MAN 2 Mataram atas nama Hana Novita Fitri untuk kategori Putri. Keduanya akan bertugas bersama anggota Paskibraka dari seluruh Indonesia pada Upacara Bendera Peringatan HUT RI ke-76 di halaman Istana Merdeka pada 17 Agustus 2021 mendatang.

Tak berlebihan jika MAN 2 Kota Bima patut berbangga diri. Dengan motto “Madrasah dengan Tradisi Prestasi ini, tahun ini untuk ketiga kalinya berhasil tembus sebagai anggota Paskibraka tingkat Nasional mewakili Provinsi NTB.

Muhammad Adzan salah satu Paskibraka  Nasional Tahun 2019 dan ditunjuk menjadi Komandan Kelompok (Danpok) Pasukan 17 Tim Merah pada Upacara Bendera Peringatan HUT RI ke-74 di halaman Istana Merdeka pada 17 Agustus 2019 lalu. Pada tahun 2020 kembali bertugas sebagai Pembentang Bendera Merah Putih juga ditunjuk sebagai Komandan Kelompok pada Upacara Bendera Peringatan HUT RI ke-75 di halaman Istana Merdeka pada 17 Agustus 2020.

Untuk mencapai tahap seleksi Paskibraka tingkat Nasional tidaklah mudah, setiap peserta harus terlebih dahulu diseleksi di tingkat sekolah masing-masing. Kemudian tahap berikutnya seleksi tingkat Kota Bima. Selanjutnya, bagi yang memenuhi syarat akan mengikuti seleksi tingkat Provinsi. Jika lolos untuk ke seleksi Nasional, maka, peserta dapat mengikuti seleksi tingkat Nasional untuk mewakili Provinsi NTB.

Arif Ruslin, S.Pd, Pembina Paskibraka MAN 2 Kota Bima memberikan tanggapan. Proses seleksi Paskibraka Nasional dilakukan oleh panitia dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB pada tanggal 19 sampai dengan 25 Mei 2021 di Kabupaten/Kota se NTB. Pengumuman untuk seleksi Paskibraka Nasional dilaksanakan sore ini (Kamis, 27/05).

Atas prestasi selama ini, tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Pariwisata Kota Bima, Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pariwisata Kota Bima, Kepala Seksi Pembinaan Kepemudaan Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pariwisata Kota Bima (Wendy Maenormansyah, SE, MM), Ketua Purna Paskibraka Kota Bima (Wendy Maenormansyah, SE, MM) serta keluarga besar Purna Paskibraka Kota Bima”, ujar Arif.

Untuk menjadi salah satu anggota Paskibraka tidaklah mudah. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bagi siswa yang hendak ikut seleksi Paskibraka. Untuk seleksi tingkat Kota Bima persyaratannya, seperti: postur tubuh harus proporsional dengan tinggi badan 165 cm untuk putra dan 160 cm untuk putri.

Sementara seleksi Paskibraka di tingkat Provinsi mengharuskan tinggi badan untuk putra 170 cm. Sementara tinggi badan untuk putri 165 cm. Disamping itu, setiap peserta ada persyaratan khusus ialah diharuskan kelas X, tidak kaki letter O atau letter X, serta berpenampilan menarik. Materi seleksi berupa PBB (Peraturan Baris Berbaris) dan wawancara.

(NR)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *