Bakal Calon Kades Taman Baru Ikuti Tes Baca Al-Qur’an.

Bakal Calon Kades Taman Baru Ikuti Tes Baca Al-Qur’an.

Kampung Media,-Panitia Pemilihan Kepala Desa Taman Baru Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat,melakukan penyaringan Bakal Calon Kades melalui tes uji baca Al-Qur’an yang bertempat di Sekretariat panitia desa setempat.Kamis 3 Juni 2021.

Sebagai salah satu syarat bagi para Bakal Calon Kepala Desa Taman Baru untuk maju pada tahapan pilkades yang ditetapkan oleh Panitia adalah memiliki kemampun membaca Al-Qur’an.

Menurut ketua Panitia Pilkades Desa Taman Baru,Salehudin menyebutkan bahwa uji baca Al-Qur’an tersebut dilakukan sebagai salah satu syarat penetapan sebagai calon kepala desa yang akan lolos pada tahap pemilihan tanggal 12 juli 2021 nanti.

“Dalam melaksanakan kegiatan pemilihan kepala desa ini,kami selalu berpatokan kepada aturan yang ada,yakni Perbup Lombok Barat nomor 20 Tahun 2021.Adapun terkait
teknis pengujian membaca Al-Qur’an ini kami serahkan kepada tim penguji dalam hal ini KUA Kec.Sekotong agar lebih leluasa.Harapan kami,tes ini bisa berjalan dengan lancar dan tertib, “ujarnya.

Sementara itu Tim Penguji yang merupakan unsur muspika Kecamatan Sekotong yang hadir pada acara pembukaan yang dihadiri oleh Camat Sekotong,Lalu Pardita Utama,SE,Polsek Sekotong,Danramil Sekotong,Kades dan BPD Taman Baru,dan sejumlah pihak lainnya.
Ketua Tim Penguji,Fathurrahman,S.Ag mengatakan bahwa tes baca Al-Qur’an bagi para bakal calon kades tersebut jangan dianggap hanya formalitas belaka.Melainkan harus diikuti sehingga bernilai ibadah.

“Tes uji baca Al-Qur’an ini tidak boleh kita jadikan hanya sekedar formalitas saja.Akan tetapi ini menjadi dasar penting menjadi seorang pemimpin muslim.Dan kami akan melakukan ini dengan proporsional,”kata Ketua Tim Penguji yang juga merupakan Penghulu KUA Kec.Sekotong ini.

“Silahkan bapak-bapak yang baca,kami akan dengarkan dan memberikan nilai sesuai format yang telah diberikan panitia,”pungkas Fathurrahman.

Sebanyak 6 bakal calon kades tersebut kemudian secara bergiliran memasuki ruangan khusus untuk dilakukan uji baca Al-Qur’an.
Turut mendampingi tim penguji yakni Ketua BPD,Polsek Sekotong,Danramil dan juga panitia.

Sekitar 30 menit,para bakal calon kades selesai membaca surat surat dalam Al-Qur’an yang ditentukan oleh tim penguji.

Para Bakal calon kades Taman Baru juga menyatakan sangat mendukung apa yang dilakukan oleh panitia yakni tes baca Al-Qur’an.

“Kami sepakat mendukung kegiatan tes uji baca Al-Qur’an ini yang dilakukan oleh panitia.Karena konsep dasar menjadi seorang pemimpin adalah harus berdasarkan Al-Qur’an sebagai pedomannya,”kata Faesal,salah seorang bakal calon sambil mengutip hadis tentang keutamaan Al-Qur’an dan Hadist.Pernyataan echal tersebut juga di iyakan oleh bakal calon lainnya.

Tes baca Al-Qur’an tersebut berlangsung dengan lancar,tertib dan penuh khidmat.(sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *