Yayasan Plan Internasional Indonesia Gelar Pelatihan Penganggaran STBM Di Lombok Barat

Yayasan Plan Internasional Indonesia Gelar Pelatihan Penganggaran STBM Di Lombok Barat

Gerung, Diskominfotik – Lombok Barat tahun ini mendapat perhatian khusus dari Yayasan Plan International dan dalam 6 bln terakhir, Plan intens melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat khususnya Bappeda dan Dinas Kesehatan Lombok Barat.

Kepala Bappeda Lobar diwakili oleh Kepala Bidang Sosbud Bappeda Dawam Muzaki didampingi Koordinator Project Wise Plan Internasional Indonesia  Wilayah Lombok Barat Syafarudin membuka secara resmi kegiatan pelatihan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STDM) tingkat desa, di Aula kantor Bupati Lombok Barat, Kamis (9/6/2021).

Dalam sambutannya, Plh Kabid Sosbud Bappeda Lobar Dawam Muzaki menyampaikan, terima kasih kepada Yayasan Plan Internasional telah berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat sampai saat ini masih tetap bersinergi juga untuk membantu Pemerintah dalam mengedukasi masyarakat.

Ia juga menghimbau kepada seluruh peserta yang hadir agar apa yang telah di dapat dari pelatihan tersebut agar diterapkan di desa masing-masing sehingga memicu penciptaan lingkungan yang kondusif, peningkatan kebutuhan, peningkatan penyediaan, dan pengelolaan pengetahuan dalam akses sanitasi serta perilaku masyarakat yang higienis.

Sementara itu, perwakilan Yayasan Plan Internasional Indonesia – Syafarudin, koordinator Project Wise wilayah Kabupaten Lombok Barat mengungkapkan bahwa Yayasan Plan Internasional dalam 6 bulan terakhir ini selalu intens berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Lombok Barat khususnya Bappeda dan Dikes.

Dikatakannya, penyelenggaraan STBM bertujuan untuk mewujudkan perilaku masyarakat yang higienis dan saniter secara mandiri dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Pelaksanaan STBM dalam jangka panjang dipercaya dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian yang diakibatkan oleh sanitasi yang kurang baik, dan dapat mendorong terwujudnya masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.

Pelaksanaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dengan lima pilar akan mempermudah upaya meningkatkan akses sanitasi masyarakat yang lebih baik serta mengubah dan mempertahankan keberlanjutan budaya hidup bersih dan sehat. Pelaksanaan STBM dalam jangka panjang dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian yang diakibatkan oleh sanitasi yang kurang baik, dan dapat mendorong terwujudnya masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.

Selain itu Plan juga telah melaksanakan pelatihan pendidik sebaya untuk 10 sekolah di beberapa wilayah yang tersebar di Kabupaten Lombok Barat, kita libatkan Guru dan Komite sekolah” ungkapnya.

Yayasan Plan Internasional Indonesia selain mengedukasi masyarakat dewasa pada umumnya, bahkan disabilitas, juga telah mengadakan pelatihan pendidik sebaya dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisa kondisi hygiene dan sanitasi dilingkungan sekolah serta meningkatkan perhatian dan komitmen para steakholder untuk pelaksanaan program sanitasi di sekolah.

Adapun harapan melalui pelatihan ini mereka akan menjadi agen-agen kita di tingkat lapangan dan kemudian berantai dan akan menceritakan apa yang mereka dapat dari pelatihan STMB ini, “ungkapnya.

Kegiatan ini di hadiri OPD terkait, Dinas Kesehatan Lobar, DPMD Lobar, DLH Lobar dan seluruh peserta pelatihan perwakilan perangkat Desa dari 3 Kecamatan di Lombok Barat. (Diskominfotik/Angge)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *