Lobar Menuju Coverage Posyandu Keluarga

Lobar Menuju Coverage Posyandu Keluarga

Giri Menang, Diskominfotik ; Pos Pelayanan Terpadu atau yang lebih familier dikenal dengan istilah Posyandu adalah sebuah Program yang dibuat oleh Pemerintah untuk melayani masyarakat dalam usaha meningkatkan kesehatannya. Posyandu ini sendiri diselenggarakan oleh masyarakat itu sendiri dengan dibantu oleh tenaga kesehatan, yang dalam perjalanannya sangat membantu masyarakat dalam menjaga kesehatan keluarganya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat sebagai leading sektor menyelenggarakan Pertemuan Kelompok Potensial menuju total Covarage Posyandu Keluarga,Selasa,15 Juni 2021, bertempat di Lesehan Ujung Landasan, Jalan Bypass Lombok Barat.

Hadir dalam acara ini Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lombok Barat Ibu Hj.Khaeratun Fauzan Khalid, Hj. Ambaryati Kepala Dinas Kesehatan Lombok Barat, Masing-masing perwakilan dari Dikbud Lobar, Kemenag Lobar, Dukcapil Lobar, Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian, Lembaga Adat Sasak, Para Kepala Puskesmas, Para camat, Ketua Forum Dai lombok Barat, Para Ketua Forum Dai Kecamatan.Dalam sambutannya Ketua TP PKK Lombok Barat menyampaikan,” Kabupaten Lombok Barat pada saat ini berada pada posisi paling bawah setelah Kota Mataram dalam hal capaian Posyandu Keluarga. Untuk mempercepat tercapainya target di akhir tahun 2021 yaitu total Coverage posyandu keluarga di kabupaten Lombok Barat dibutuhkan beberapa elemen pendukung antara lain : Regulasi, bisa berupa SK TIM, Koordinasi Antar OPD pendukung baik yang terlibat langsung maupun tidak langsung, dan dukungan anggaran yang memadai.”

Khaeratun menambahkan.” Kabupaten Lombok Barat menetapkan target 100 % di akhir tahun 2021 ini semua Posyandu Konvensional sudah harus berubah menjadi Posyandu Keluarga. Untuk merealisasikan itu dibutuhkan dukungan Anggaran sebesar 4 Miliar, namun baru disetujui sebesar 2 Miliar. semua Anggaran ini akan diperuntukkan untuk melengkapi Sarana dan Prasarana. ”

” Dibutuhkan komitmen yang kuat dan kerjasama yang terpadu antar kita semua untuk dapat mensukseskan program menuju Posyandu Keluarga pada tahun 2021 ini.”

Pada kesempatan ini disampaikan juga oleh Ketua TP PKK Lombok Barat.” bahwa salah satu indikator suksesnya Posyandu Keluarga adalah meningkatnya Usia Harapan Hidup masyarakat Kabupaten Lombok Barat .” Pungkasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Lombok Barat dalam sambutan singkatnya mengatakan.” Di Kabupaten Lombok Barat saat ini Ada 935 Posyandu konvensional yang pada akhir tahun ini harus di rubah menjadi Posyandu Keluarga.” dimana salah satu keunggulan Posyandu Keluarga ini adalah untuk melayani semua unsur yang ada dalam keluarga seperti Ibu hamil, anak-anak, Remaja, maupun Lansia.” tutupnya.(Diskominfotik,HLD).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *