5 Orang Guru MAN 2 Kota Bima Lolos Jadi Fasda PKB Guru 2021

  • Share

Kota Bima –  Pengumuman Seleksi Instruktur Nasional dan Fasilitator Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Tahap II tahun 2021 telah diumumkan secara nasional pada Kamis 17 Juni 2021 di laman http://madrasahreform.kemenag.go.id/fasilitatorpkb.

Sebanyak 4 orang guru MAN 2 Kota Bima dinyatakan lulus seleksi sebagai Fasilitas Daerah (Fasda) Tahap II dalam seleksi Instruktur Nasional dan Fasilitator Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah tahun 2021. Sementara 1 orang lainnya telah lulus pada Tahap I tahun 2021, yakni: Jumrah, S.Pd, lulus seleksi sebagai Fasda Bidang MA – Matematika.

Adapun guru-guru Fasda PKB Guru Tahap II yang dimaksud, yakni: (1) Muslihah, S.Pd (MA – Fasilitator Bahasa Indonesia, Kepala MAN 2 Kota Bima), (2) Ayu Rahayu, M.Pd (MTs – Fasilitator Matematika), (3) Maraatussoaliha, S.S (MA – Fasilitator Bahasa Indonesia), dan (4) Erni, M.Pd (MTs – Fasilitator Bahasa Inggris).

Menanggapi hal ini, Muslihah, S.Pd, Kepala MAN 2 Kota Bima menyatakan, banyaknya guru MAN 2 Kota Bima yang lulus seleksi ini sebagai bukti bahwa kualitas guru – guru di MAN 2 Kota Bima memiliki kompeten yang memadai.

Proses seleksi yang cukup menantang, karena ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Dengan banyaknya guru yang lulus Fasda, ini membuktikan kualitas MAN 2 Kota Bima. Sehingga semakin diminati dan diperhitungkan”, ungkap Kepala MAN 2 Kota Bima yang baru dilantik oleh Kakanwil Kemenag NTB pada tanggal 9 Juni 2021 lalu di Mataram ini.

Tahap seleksi Instruktur Nasional dan Fasilitator Program PKB Guru Madrasah tahun 2021 terdiri dari 3 tahapan, yakni: seleksi administrasi, CBT, dan wawancara secara daring.

Adapun tugas Fasda antara lain: (a) Menyusun silabus pelatihan PKB guru sesuai pola yang sudah ditentukan (b) Menyusun skenario pelatihan (3) Melatih guru di KKG/MGMP/MGBK baik moda tatap muka maupun moda daring dengan menggunakan modul yang sudah disiapkan (d) Mendampingi guru di KKG/MGMP/MGBK maupun di madrasah (e) Menfasilitasi peserta mempelajari modul.

Kegiatan Seleksi Instruktur Nasional (IN), Fasilitator Provinsi (Fasprov), dan Fasilitator Daerah (Fasda) ini diselenggarakan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI melalui project REP – MEQR. Proses seleksi dibuka untuk 21 provinsi se Indonesia.

Melalui rekrutmen para IN, Fasprov, dan Fasda diharapkan mampu mendorong KKG/MGMP/MGBK sebagai komunitas belajar bagi guru madrasah untuk melaksanakan PKB. Untuk menjamin mutu penyelenggaraan PKB guru di KKG/MGMP/MGBK, para fasilitator pada kelompok kerja ditunjuk sebagai pihak yang melakukan fasilitas dan pendampingan pada pelaksanaan PKB guru.

REP – MEQR adalah Realizing Education’s Promise: Support to Indonesian’s Ministry of Religious Affairs for Improved Quality of Education – Madrasah Education Quality Reform. REP – MEQR, yaitu sebuah program investasi SDM yang dikembangkan Kementerian Agama RI yang bersumber pendanaannya melalui Bank Dunia (IBRD Loan No.8992-ID) dari tahun 2020 hingga tahun 2024.

Kementerian Agama RI terus berupaya melakukan penguatan peningkatan keprofesionalan guru. Peningkatan kompetensi guru madrasah adalah adanya pembinaan pelatihan dan bimbingan terhadap guru yang memiliki kemampuan untuk menjadi fasilitator dan instruktur. Hal ini penting karena melalui fasilitator dan instruktur diharapkan kedepannya guru-guru madrasah di tingkat provinsi dan daerah terus mendapatkan pendampingan untuk tumbuh kembangkan kreativitas guru madrasah yang profesional.  (NR)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *