Wali Kota Mataram Bersama Danrem, Dandim Resmikan Kodim 1606/ Mataram

Wali Kota Mataram Bersama Danrem, Dandim Resmikan Kodim 1606/ Mataram

Wali Kota Mataram Bersama Danrem, Dandim Resmikan Kodim 1606/ Mataram

Mataram – Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana bersama Komandan Komandan Resor Militer (Danrem) 162/ Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., S.H., M.han., Komandan Distrik Militer (Dandim) 1606/Mataram Kolonel Arm. Gunawan meresmikan Komando Distrik Militer (Kodim) 1606/Mataram, Kota Mataram, Jum’at (18/06/2021).

Pergantian nama Kodim 1606/ Lobar menjadi Kodim 1606/ Mataram sesuai dengan Surat Perintah Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Nomor Sprint : 1754/V/2021 tanggal 10 Mei 2021 tentang pengesahan penataan satuan atau pergantian nama satuan.

Menurut Danrem 162/ Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., S.H., M.han., perubahan nama telah melalui prosuder yang sah, dengan izin dari pemerintah pusat. Serta dukungan dari pemerintah daerah.

“Ini tidak lepas dari kontribusi bantuan dari Pemerintah Kota Mataram, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat dan Pemerintah kabupaten Lombok Utara yang telah berkontribusi membantu suksesnya kenamaan Kodim 1606/ Mataram”, ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana menyambut baik perubahan nama ini. Perubahan nama yang menjadi bagian dari cerita dan sejarah Kota Mataram, semenjak Kodim 1606/Lobar berdiri pada tahun 24 Desember 1984 (37 Tahun). Mohan menuturkan dengan perubahan ini masyarakat Kota Mataram merasa semakin bangga dengan tanpa menepikan kabupaten lain yang bagian dari tanggungjawab Kodim 1606/Mataram.

Lebih lanjut Wali Kota berharap dengan perubahan nama ini akan memperkuat sinergitas TNI AD dengan pemerintah Kota Mataram, termasuk pemerintah kabupaten yang lain bersama Kodim 1606/Mataram dengan tetap melaksankan fungsi pembinaan teritorial, tugas kemasyarakatan, dan pembangunan wilayah di setiap daerah.

Hal ini penting sebagai upaya dalam menyelesaikan masalah secara kolektif bersama pemerintah kabupaten/ kota maupun bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), terlebih dengan situasi permasalahan sosial kemasyarakatan yang ada saat ini.

Selain itu Dandim 1606/Mataram kolonel Arm Gunawan menyampaikan selama proses perubahan telah melewati beberapa fase seperti penggalian sejarah bangunan Kodim 1606/Lobar bersama komunitas-komunitas yang terlibat seperti Komunitas Lombok Hertige society, yang didukung oleh stake holder lain seperti Bank BNI, Bank BTN, dan Bank BRI serta pihak lainnya.

Hasil penggalian sejarah ini kemudian dituangkan kedalam bentuk pemeran yang bertema “Dari Titik Nol Kodim 1606/Mataram menggapai Masa Depan” yang digelar pada 18-20 Juni 2021. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *