Tips #Cari_Aman Pakai Standar Samping Untuk Motor Honda

Tips #Cari_Aman Pakai Standar Samping Untuk Motor Honda

Mataram – Sepeda motor memiliki dua standar yang dapat digunakan ketika hendak memarkirkan motor. Kedua standar ini memang berbeda, yaitu standar samping dan standar tengah. Keduanya memiliki fungsi yang sama, namun bagi sebagian pengguna sepeda motor, mereka akan memilih lebih sering dan nyaman menggunakan standar samping atau tengah, tentunya itu kembali lagi pada kebutuhannya.
Beberapa orang memilih menggunkan standar samping karena lebih simple. Namun, tahukah Anda bahwa beberapa dari mereka yang menggunakan standar samping sempat panik gara-gara motor Honda miliknya kejeblos saat akan di parkir menggunakan standar samping. Kejadian ini membuat beberapa orang menjadi lebih berhati-hati ketika hendak memarkirkan motor dengan standar samping.
Bagi Anda yang pernah mengalami kondisi ini. Tenang, Anda bukan satu-satunya orang yang pernah mengalami insiden motor kejeblos ketika hendak diparkir menggunakan standar samping. Kejadian ini selain bikin malu, juga tentu bikin repot para pengendara sepeda motor apalagi kalau motor sampai jatuh.
“Sebenarnya, Anda bisa tetap menggunakan standar samping dengan aman. Asal Anda melakukan beberapa tips aman pakai standar samping untuk motor berikut ini agar memastikan motor Anda tetap terparkir dengan baik,” ungkap Satria Wiman Jaya Instruktur Safety Riding Astra Motor NTB.
3 Tips Aman Pakai Standar Samping untuk Motor
1. Ganti Shock Breaker
Tips yang pertama untuk melepas kekhawatiran Anda dengan standar samping adalah dengan mengganti shock breaker motor Anda dengan ukuran yang lebih tinggi. Dengan begitu, standar samping pun lebih tegak dan tidak menyebabkan motor jatuh.
2. Ganti Ban
Dengan tujuan yang sama agar motor tetap bisa diparkir menggunakan standar samping dengan aman, Anda sebaiknya mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar. Hal tersebut itu menghindari risiko motor terjatuh ketika di parkir sehingga standar samping dapat Anda gunakan dengan aman.
3. Pasang Kickstand Shoe
Tips selanjutnya adalah Anda bisa memasang Kickstand Shoe sebagai alas tambahan. Dengan memasang alas tambahan ini berfungsi untuk mendistribusikan berat motor secara lebih menyebar. Dengan cara ini, motor tetap aman meski ditopang standar samping. Penggunaan kickstand shoe membuat tapak standar samping menjadi lebih lebar sekaligus semakin lebih kuat ketika menopang berat motor.
“Dengan mengaplikasikan tips diatas agar Anda tetap bisa memarkirkan motor dengan aman menggunakan standar samping, namun ada baiknya jika Anda lebih membiasakan untuk menggunakan standar tengah,” tandas Satria lagi.
Standar Tengah Lebih Aman
Memarkirkan motor dengan standar samping bisa menyebabkan suspense bagian kiri lebih berat. Alhasil, shock breaker bisa cepat rusak karena cenderung menumpu pada satu sisi. Belum lagi, kalau posisinya di parkir dengan standar samping, lalu motor di duduki. Hal tersebut juga akan mempengaruhi kekuatan dari shock breaker motor Anda.
Selain itu, ban juga akan mengalami penurunan kualitas, apabila Anda sering menggunakan standar samping ketika memarkirkan motor. Karena baik itu ban belakang atau ban depan, akan condong ke satu sisi ketika menahan beban berlebih. Hal ini bisa menyebabkan ban cepat gundul.
“Karena itu, kami sarankan untuk Anda sebisa mungkin menggunakan standar tengah saja ketika memarkirkan motor. Semoga bermanfaat,” tutup Satria. (MD Astra Honda Motor)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *