Dalam Rangka HARGANAS Ke 28 Lobar adakan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor

Dalam Rangka HARGANAS Ke 28 Lobar adakan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor

Narmada, Diskominfotik – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah yang didampingi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Lombok Barat (Lobar) Hj. Khaeratun Fauzan Khalid dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Lobar Hj. Nurhikmah Baehaqi menghadiri acara  peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) yang ke 28 dan Hari Ikatan Bidan Indoinesia (IBI) yang dirangkaikan dengan acara Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor se Provinsi NTB di Desa Golong, Kecamatan Narmada, Kamis (24/6/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas (Kadis)  Kesehatan Lobar  drg. Hj. Ni Made Ambaryati, Kadis DP2KBP3A Lobar Ramdan Hariyanto, Camat Narmada Busairi, Anggota TP PKK dan DWP Lobar, serta kader posyandu Desa Golong.

HARGANAS yang jatuh pada Tanggal 29 Juni 2021 mendatang di Kabupaten Lobar dilaksanakan berbagai macam kegiatan, salah satunya di Desa Golong  dengan memberikan sosialisasi, pelayanan kesehatan gratis serta pemberian makanan tambahan kepada anak anak yang kurang gizi untuk mencegah stunting.

Kepala Desa (Kades) Golong H. Zainudin menyampaikan, “Pemerintah Desa dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat melaksanakan kegiatan seperti pemberian KB gratis, pemberian makanan tambahan kepada anak-anak kurang gizi guna mencegah stunting secara rutin, serta pelayanan kesehatan bagi ibu hamil, ibu menyusui dan lansia,” Ujar Zainudin.

“Hal ini selalu kita dilakukan setiap melaksanakan kegiatan posyandu di Desa Golong di mana terdiri dari lima Posyandu dua diantaranya resmi menjadi Posyandu Keluarga dan tiga diantaranya masih diusahakan. Ia berharap pelayanan Posyandu di desa ini ini dilakukan secara maksimal. Selain itu ia juga berharap dari beberapa dinas terkait untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat setempat,” Harapnya.

Dalam kesempatan yang sama Ketua TP PKK Provinsi NTB  Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah mengapresiasi atas apa yang disampaikan oleh Kades Golong, ia juga mengajak semua organisasi atau dinas terkait untuk tetap berpartisipasi dalam meningkatkan sektor pelayanan kesehatan, mengingat di NTB juga hari ini melaksanakan pelayanan KB di semua titik pelayanan kesehatan seperti Puskesmas, Poskesdes, Rumah Sakit dan di beberapa Posyandu, dan target di NTB sendiri sebanyak 32.000, target yang cukup besar namun diharapkan pelayanan kesehatan tetap dilakukan dengan maksimal, Ia juga mengingatkan bahwa target pelayanan kesehatan yang terpenting adalah layanan kesehatan bagi anggota keluarga, terlebih di masa pandemi seperti ini.

Ketua TP PKK Lobar Hj. Khaeratun Fauzan Khalid dalam sambutannya menyampaikan laporan terkait capaian pengguna kontrasepsi di Lobar selama tahun 2021, tercatat pada bulan Januari hingga Juli Tahun 2021 sebanyak 116.250 akseptor sebanyak 79,13%, kontrasepsi jangka panjang 327 akseptor atau 37,84%, pencapaian KB baru sebanyak 3.557 akseptor atau 24,61%, dalam laporannya ia juga memberikan apresiasi Kepada Desa Golong atas upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Desa dalam memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakatnya terutama mengenai KB.

“Semoga Tahun ini sampai dengan Bulan September target Kabupaten Lobar meresmikan sebanyak 75% Posyandu Keluarga, sehingga pada akhir Tahun ini Posyandu Keluarga di Kabupaten Lobar menjadi 100%,” Harap Ketua TP PKK Lobar. (Dikominfotik: Windi/Fyan/Juan/YL).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *