Lombok Barat Gerak Cepat Siapkan SDM dan Master Plan Smart City

Lombok Barat Gerak Cepat Siapkan SDM dan Master Plan Smart City

Kabupaten Lombok Barat bergerak cepat dengan mempersiapkan berbagai kebutuhan untuk menjalankan smart city. Hal ini dilakukan setelah Kabupaten Lombok Barat ditetapkan menjadi salah satu Kabupaten/Kota yang lolos dalam asesmen dan seleksi smart city atau kota pintar yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo dan beberapa kementerian serta lembaga. Dalam penandatanganan MOU atau Nota Kesepakatan antara Menteri Kominfo dan Kepala Daerah disampaikan bahwa Lombok Barat lolos bersama 48 Kabupaten Kota Lainnya yang masuk dalam Kawasan Wisata Prioritas Nasional (KPPN) dan Kabupaten Kota yang masuk kawasan Ibu Kota Negara (IKN).

Menurut H.M Ilham Asisten 3 Setda Lombok Barat lolosnya Lombok Barat dalam program smart city ini menjadi angin segar bagi dalam menyongsong Pemerintahan berbasis digital. Ia mengatakan Lombok Barat melakukan langkah cepat dan tepat dalam mempersiapkan smart city atau kota pintar ini. Salah satu yang disiapkan adalah Sumber Daya Manusia (SDM) dan master plan program smart city atau kota Pintar. Ia mengatakan bahwa Lombok Barat dalam hal ini Dinas Komunikasi, Informasi dan statistik akan menyiapkan SDM handal dengan melakukan bimbingan teknis penyusunan master plan smart city dan program quick win. Menurut Ilham Kegiatan ini akan dipantau langsung oleh tim dari Kementerian Kominfo yang datang khusus untuk memberikan bimbingan tentang master plan smart city. “Kita bergerak cepat mempersiapkan berbagai kebutuhan dalam menjalankan smart city ini salah satunya dengan menyiapkan SDM melalui kegiatan bimbingan teknis penyusunan master plan smart city dan program quick win” ujarnya.

Ilham menambahkan bahwa Lombok Barat sangat serius untuk menyiapkan smart city ini. Hal ini karena smart city ini menjadi program nasional yang memiliki manfaat sangat besar bagi masyarakat. Ia mengatakan bahwa program ini akan memudahkan pelayanan kepada masyarakat sehingga target Pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat dapat tercapai. Ia mengatakan bahwa dalam smart city ini terdapat 6 pilar utama yang menjadi penunjang terwujudnya kota cerdas. “Program Smart City menekankan fokus pembangunan pada 6 Pilar Utama Kota Cerdas, yaitu Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment” ujarnya.

Ditempat terpisah Kadis Kominfotik Kabupaten Lombok Barat Ahad Legiarto mengatakan bahwa Bimbingan Teknis ini diikuti oleh semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Kepala Desa. Dalam bimbingan teknis ini nantinya akan disusun master plan smart city yang salah satunya merupakan prioritas pembangunan smart city 5 hingga 10 tahun kedepan.
“Dalam bimtek ini akan disusun master plan smart city yang akan dipantau langsung oleh pihak kementerian kominfo”ujarnya.

Ahad menambahkan bahwa dalam kegiatan ini juga akan disusun quick win program untuk mensukseskan smart city. Menurut Kadis Kominfo Diharapkan bimbingan teknis ini dapat menghasilkan SDM yang handal dan master plan smart city Lombok Barat yang komperhensip serta quick win program yang mendukung terlaksananya program smart city di Lombok Barat. “Tentu kami berharap agar program ini berjalan dengan lancar sehingga gerakan menuju smart city di Lombok Barat dapat terlaksana dengan baik dan maksimal” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *