Lombok Barat Latih Milenial Menjadi Pengusaha Di Era Digital

Lombok Barat Latih Milenial Menjadi Pengusaha Di Era Digital

Lombok Barat melakukan langkah cepat dalam mempersiapkan milenial atau kaum muda dalam menghadapi perkembangan tekonologi informasi di era digital. Melalui kerjasama dengan BPSDMP (Badan Pengembangan Sumber daya Manusia Perhubungan) Kementerian Kominfo Balai Teknis Surabaya dan Digital Talent Scholarship, Lombok Barat melakukan pelatihan bagi kaum muda untuk menjadi pengusaha di Era Digital. Ahad Legiarto, Kadis Kominfo Lombok Barat saat ditemui usai acara penutupan Pelatihan Pengusaha di Era Digital, Sabtu, 3 Juli 2021 di Giri Menang Gerung mengatakan pelatihan ini merupakan langkah nyata Pemkab Lombok Barat dalam mengembangkan bakat dan kemampuan para pemuda serta upaya Pemkab Lombok Barat untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Ahad mengatakan hal ini sebagai komitmen Lombok Barat untuk menciptakan wirausaha muda dalam bersaing di era digital atau lebih dikenal dengan era 4.0. Menurut kadis Kominfotik Lombok Barat, pelatihan ini diikuti oleh sekitar 70 orang pemuda yang berdomisili di Lombok Barat dan berlangsung selama 2 hari dari tanggal 2 Juli 2021 hingga 3 Juli 2021. Menurutnya pelatihan Digital Enterprenuer Academy ini mendatangkan sejumlah narasumber dari Kementerian Kominfo dan Digital Talent Scholarship serta dari Dinas Kominfotik Lombok Barat.

Dalam kesempatan ini Ahad juga mengatakan bahwa selama dua hari mengikuti pelatihan para milenial atau kaum muda Lombok Barat telah diberikan materi dan praktik tentang digital marketing, cara membuat website, cara membuat konten digital dan cara membuat konten pemasaran di media sosial. Ia juga menambahkan bahwa para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan yang berlangsung di Kompleks Kantor Bupati Gerung Lombok Barat. Ia juga mengatakan bahwa jumlah peserta yang mendaftar secara online sebanyak 130 orang namun kouta untuk pelatihan tahap 1 maksimal sebanyak 70, sehingga sisanya akan mengikuti pelatihan tahap 2 yang akan diadakan beberapa bulan kedepan. Ia juga mengatakan bahwa materi pelatihan ini sangat bermanfaat dalam mempersiapkan para pemuda untuk menjadi pengusaha yang tangguh dan kuat dalam bersaing di era digital. “Pelatihan ini diharapkan dapat menciptakan wirausaha muda di era digital dan kita berharap Lombok Barat dapat menjadi pelopor bagi terwujudnya pengusaha muda yang tangguh di era digital” ujarnya.

Sementara itu Sumaedy Radjiman Plt Sekretaris Dinas Kominfotik Lombok Barat mengatakan bahwa acara ini juga tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Ia mengatakan salah satu syarat mengikuti kegiatan ini adalah peserta wajib mengikuti tes swab antigen satu hari sebelum melaksanakan kegiatan ini. “Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan sesuai dengan protap kegiatan dari kementerian”ujarnya.

Sementara itu salah seorang peserta pelatihan Diang Novan mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para pemuda dan pemula. Ia mengatakan bahwa pelatihan ini membuat dirinya dan peserta yang lain memahami tentang digital marketing dan teknik teknik yang efektif dalam membuat konten digital marketing. Menurutnya selama ini iq berpikir untuk memulai bisnis dalam digitak markering sangat sangat sulit namun setelah mengikuti pelatihan ini wawasannya dan pengetahuannya tentang digital marketing menjadi sangat luas. “Kami akan segera mencoba untuk mempraktikan dan mengaplikasikan ilmu yang kami peroleh dalam pelatihan ini. Semoga kami bisa sukses dan dapat bisnis kami berkembang pesat melalui digital marketing ini”ujarnya. Ia mengatakan bahwa pelatihan seperti ini sangatlah bermanfaat dan perlu diselenggarakan lagi agar para milenial dapat memulai dan membuka bisnis baru di era digital ini. Ia juga berterima kasih kepada pemkab Lombok Barat dalam hal ini dinas Kominfotik Lombok Barat serta BPSDMP Kementerian Kominfo Balai surabaya dan pihak DTS (Digital Talent Scholarship) yang telah mengadakan pelatihan ini di Lombok Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *