Terimakasih OpenSID

  • Share

Sakra Barat,Lotim – Keberadaan Sistem Informasi desa di Desa sangat besar sekali pengaruh dan manfaatnya dalam proses pengolahan data seperti, Pembuatan surat menyurat, Pendataan warga miskin untuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan pengolahan data lainnya, hal ini diakui oleh Operator Desa Rensing Bat Ibrahim ketika media ini menemuinya Rabu, 04/08/2021 di Kantor Desa Setempat.

Pengalamannya dalam melakukan pendataan DTKS di aplikasi SIKS-NG di desa sangat membantunya dalam pengolahan data, Opensid sebagai bank data penduduk lengkap memudahkannya dalam melakukan segala urusan yang berkaitan dengan pengolahan data, semua serba komplit.

“Kami di Desa Rensing Bat tergolong pendatang baru dalam penggunaan aplikasi OpenSID sejak diperkenalkan pada bulan Januari 2020 lalu oleh Forum Sistem Informasi Desa (FORSID) Kabupaten Lombok Timur dan diberikan pelatihan selama 2 hari atas undangan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lombok Timur, dari situlah kami mulai menerapkan dan menggunakan aplikasi ini yang awalnya dilakukan secara Offline” bebernya.

Terimakasih kepada openSID terutama kepada para Penggiat dan programer yang tidak pernah henti dan tidak pernah mengenal lelah dalam usahanya mengembangkan dan memajukan openSID, Ucapnya peria yang juga seorang Perangkat desa ini.

Ucapan “Terimakasih Opinsid” dari masyarakat desa juga sering terdengar setelah urusannya selesai di kantor desa, terutama ketika mereka membuat surat keterangan dan ketika mendapatkan Informasi tentang kegiatan desa melalui website desa baik yang sudah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan.

Perbandingan waktu mengantri ketika sebelum menggunakan openSID dengan setelahya juga sangat jelas terasa, “dulu sebelum ada OpenSID ini saya menunggu 10 hingga 20 menit untuk membuat surat keterangan, sekarang tidak sampai 5 menit sudah bisa selesai” Ungkap Harmain (38) salah seorang warga.

Hamdi (45), Salah seorang warga dari dusun Tibu Jae juga mengungkapkan hal yang sama, Sekarang tidak perlu menunggu lama untuk membuat surat, bahkan dari rumah juga bisa membuat sendiri menggunakan Layanan Mandiri yang sudah di sediakan di website desa, Akuinya.

OpenSID adalah Sistem Informasi Desa (SID) yang sengaja dibuat supaya terbuka dan dapat dikembangkan bersama-sama oleh komunitas peduli SID. SID adalah Sistem Informasi desa yaitu aplikasi komputer yang membantu desa, agar :

  1. Kantor desa lebih efisien dan efektif
  2. Pemerintah desa lebih transparan dan akuntabel
  3. Layanan publik lebih baik
  4. Warga mendapat akses lebih baik pada informasi desa
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *