Jama’ah Masjid Al Islah Peringati 1 Muharram 1443 H

  • Share

Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriah tepatnya pada tanggal 10 Agustus 2021 diperingati oleh seluruh umat islam, seperti yang di laksanakan oleh jamaah Masjid Al Islah Pondok Indah Pagutan Barat Kota Mataram kemarin malam. Peringatan 1 Muharram 1443 dimulai sebelum pelaksanaan ibadah sholat magrib yakni diawali dengan pembacaan Sholawat atas Nabi Muhammad SAW dipandu oleh Dr.Drs.H.Muhtadi Hairi,M.Pd kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa akhir tahun yang di pimpin oleh H.Abdul Hafiz  dengan niat meminta keselamatan dan ampunan atas dosa yang pernah dilakukan. (10/8/2021)

Peringatan 1 Muharram 1443 H di Masjid Al-Islah Pondok Indah Kota Mataram

Usai pembacaan doa akhir tahun langsung masuk waktu sholat magrib dan dilaksanakan sholat berjamaah. Kemudian dilanjutkan dengan doa awal tahun dengan niat memohon keselamatan dunia dan akhirat

Dalam kesempatan itu, Gholib Amar Ahsan salah seorang jamaah lulusan dari Ponpes Nurul Hakim Kediri  yang kini melanjutkan pendidikan bahasa arab di luar daerah memberikan tausiah seputar keutamaan dari bulan Muharram.

Dalam ceramahnya Gholib mengatakan bulan Muharram adalah bulan yang diistimewakan oleh Allah SWT setelah bulan suci Ramadhan. Untuk itu, kata Gholib kedatangannya sangat ditunggu oleh seluruh umat muslim di dunia, menyambut 1 Muharram dengan 3 puasa sunah.

Gholib pun merincikan 3 puasa tersebut diantaranya:

1. Puasa Asyura Puasa Asyura merupakan amalan sunah yang diutamakan pada bulan Muharram. Puasa sunah ini dilakukan pada tanggal 10 Muharram. Keutamaan puasa asyura dapat menghapuskan dosa pada satu tahun yang lalu. Hal ini dijelaskan pada Hadis yang artinya sebagai berikut : Dari Abu Qattadah ra. Rasululloh SAW bersabda, “Puasa pada hari Arafah bisa menghapus dosa selama dua tahun, yaitu tahun yang berlalu dan tahun yang akan datang. Dan puasa pada hari Asyura menghapus dosa pada tahun yang lalu”

2. Puasa Tasu’a Bagi yang akan menjalani puasa tasu’a, bisa melaksanakannya di tanggal 9 Muharram. Yaitu, hari Rabu 18 Agustus 2021. Beberapa keutamaan puasa tasu’a seperti, mendekatkan diri kepada Allah SWT, menjalankan sunah rasul, dan juga melengkapi puasa Asyura pada tanggal 10 Muharram.

3. Puasa Ayyamul Bidh Puasa Ayyamul bidh dilaksanakan pada 3 hari pada bulam Muharram. Sebagai mana dijelaskan dalam sebuah hadis berikut :

Hadir juga dalam peringatan 1 Muharram 1443 Hijriah, Ketua Takmir H.Bahrudin, seluruh jamaah sholat magrib baik laki-laki dan perempuan serta anak-anak.

———

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *