OpenSID, Aplikasi Untuk Pemerintah Desa yang Kaya Fitur

  • Share

Sistem Informasi Desa merupakan amanat Pasal 86 Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Sejak diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Desa sampai dengan sekarang ini, mungkin masih ada desa yang belum mendapatkan atau memiliki “Sistem Informasi Desa” sebagai media informasi dan publikasi potensi desa.

Saat ini banyak penawaran pembuatan website desa dari lembaga maupun CV pada pemerintah desa. Ada yang hanya sebuah website desa dan adapula yang berupa Sistem Infromasi Desa (SID) dengan berbagai nama dan dengan harga tinggi.

Nah solusi dari problema diatas, saya perkenalkan sebuah aplikasi Sistem Informasi Desa yang lengkap, kaya fitur dan gratiss, namanya OpenSID. OpenSID adalah sebuah aplikasi multi fungsi, bagian dalam dari aplikasi ini berupa sistem administrasi desa (kependudukan, data program desa, keuangan, pemetaan, pertanahan, aset desa, surat-menyurat, statistik, analisis, agenda, dsb..), dan untuk bagian luarnya berupa website desa.

Informasi lebih lanjut mengenai OpenSID ini dapat anda baca disini : https://github.com/OpenSID/OpenSID/wiki

Sebagaimana dijelaskan diatas bahwa OpenSID ini gratiss dan bebas digunakan untuk Pemerintah Desa manapun secara offline maupun online. Untuk penggunaan online (gratiss) Desa harus menyediakan housting sendiri, tetapi jika desa tidak ingin repot dengan penyewaan jasa layanan housting, install OpenSID di hosting dan sebagainya maka dapat menggunakan Paket Berbayar dari OpenDesa disini : https://opendesa.id/mengonlinekan-opensid dan untuk pemakaian secara offline di komputer desa, tanpa biaya sepeserpun alias free bin gratiss.

Aplikasi OpenSID untuk dipasang secara offline dapat di unduh installernya di : https://github.com/OpenSID/OpenSID/wiki/Install-OpenSID silahkan pilih yang sesuai dengan spek sistem komputer anda.

Setelah berhasil, anda diwajibkan bergabung di group facebook Forum Pengguna Dan Pegiat OpenSID https://web.facebook.com/groups/OpenSID atau https://www.facebook.com/groups/OpenSID disana teman-teman pengguna OpenSID offline dan online di Indonesia telah tergabung untuk konsultasi maupun memberikan solusi dari pengalaman dan atau kendala yang ditemukan saat mengoperasikan OpenSID.

Dengan menggunakan OpenSID ini Administrasi Desa anda menjadi lebih rapi, lengkap dan tertata dalam bentuk digital, dan akan selangkah lebih maju dalam oleh data desa.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *