Program SANIMAS Kementerian PUPR lokasi Desa Maria rampung 60%

  • Share

Pengerjaan salah satu Program SANIMAS oleh KSM Karawi Sama yang berlokasi di Desa Maria Kecamatan Wawo Kabupaten Bima mencapai progres 60% selesai.

Perlu diketahui Sanimas (Sanitasi Berbasis Masyarakat) merupakan program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menyediakan sanitasi layak bagi masyarakat dan meningkatan kualitas di bidang sanitasi khususnya dalam menyediakan prasarana pengolahan air limbah maupun memperbaiki sistem sanitasi yang telah ada. Sehingga pencemaran lingkungan dapat terhindarkan dan tercipta kondisi lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan nyaman.

Sesuai dengan penjelasan Eka Cipta Suryatmana, tenaga fasilitator Lapangan Program SANIMAS Desa Maria, yang ditemui dititik lokasi Minggu (15/08/21) tadi bahwa progres SANIMAS Desa Maria sudah 60%.

“Untuk Kabupaten Bima tahun ini berlokasi di Desa Maria dan Insya Allah pembangunan diperkirakan bisa rampung bulan oktober ini. Progres pekerjaan sekarang sudah mencapai 60 persen” Jelas Eka Cipta.

Kepala Desa Maria, Imran Ibrahim yang juga kami temui di titik lokasi juga sangat berharap Program Sanimas ini akan sukses dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Desa Maria yang menjadi penerima manfaat.

“Program Padat Karya ini dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan tempat tinggalnya, dengan tidak membuang kotoran disembarang tempat sehingga rentan terhadap penyakit”.

“Dengan begitu akan tercipta lingkungan sehat, dan masyarakat bebas dari stunting, diare, polio dan penyakit lainnya” jelas Imran Ibrahim.

Dalam Program Sanimas masyarakat diberdayakan sebagai pelaku utama pembangunan fasilitas sanitasi di desanya, sementara KemenPUPR, melalui Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman (PSPLP), Ditjen Cipta Karya, menyediakan Fasilitator Kabupaten (Faskab) dan Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) untuk memberikan pendampingan teknis dan administrasi anggaran. (galank)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *