Berbagi di Hari Asyuro, Masjid Jami’ NI Rensing Bat Serahkan Sedekah pada Anak Yatim Piatu, terlantar dan Duafa

  • Share

Sakra Barat, Lotim – Pada bulan Muharram, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak menjalankan amalan sunah terutama pada tanggal 10 Muharram atau yang dikenal dengan hari Asyura.

Berbagai amalan bisa di kerjakan di hari asyuro salah satunya adalah bersedekah karena itulah, dengan momentum hari Asyuro Pengurus Masjid dan Remaja Masjid Jami’ Nurul Islam desa Rensing Bat Kec. Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur menggelar sholat Tasbih di malam harinya Malam Kamis, 10 Muharram 1443 H/ 18 Agustus 2021, dan Berbagi Sedekah Asyuro untuk anak-anak yatim piatu,terlantar dan anak dhuafa pada sore Kamis, 10 Muharram 1443 H/ 19 Agustus 2021.

Acara pembagian sedekah asyuro yang berlangsung Kamis (19/8) setelah sholat asar tersebut dihadiri oleh ketua pengurus masjid H. M. Siddiq Jamaluddin, ketua remaja masjid Nuruddin,M.Pd, sekretaris remaja masjid Bukran,M.Pd, kepala MTs NW No 2 Rensing H. Safaruddin,S.Pd.I, ketua Karang Taruna Garda Bhakti desa Rensing Bat Muh.Khairul Fatihin,M.Ei, ketua Aliansi Mahasiswa Pemuda Rensing Bat (AMPAR) Muh. Ramli Hadir,M.Pd, pembina TPQ Nurul Islam Muh. Saleh,S. Pd.I dan penerima sedekah.

Pembagian Sedekah Asyura di Masjid Jami’ Nurul Islam ini merupakan tahun kedua dilaksanakan, hal ini sebagai manisfestasi dari anjuran Rasulullah SAW untuk bersedekah di hari Asyuro. Sedekah berupa uang ini dihimpun dari masyarakat desa Rensing Bat , donatur dari Mataram dan Hongkong.

Ketua Pengurus masjid H. M. Siddiq Jamaluddin dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Asyura ini sangat baik dilaksanakan dalam rangka memakmurkan masjid dan mengisi hari asyuro dengan kegiatan sosial keagamaan. Kepada para menerima sedekah ia mengingatkan agar tetap mensyukuri berapapun jumlah sedekah yang diterima di dalam amplop dan mendoakan semua yang telah bersedekah

Ketua Remaja Masjid Nuruddin,M.Pd dalam laporannya mengungkapkan kegiatan sedekah Asyura atau sedekah dihari 10 Muharram ini adalah kali kedua dilaksanakan. Ini adalah kesempatan bagi masyarakat untuk berbagi kebahagiaan dengan anak-anak yatim piatu dan terlantar serta anak duafa. Sedekah asyuro Selain untuk menjalankan anjuran Rasulullah SAW untuk bersedekah juga untuk pembiasan kepada masyarakat agar selalu peduli terhadap dhuafa sekitar dengan berbagi kebahagiaan berupa uang.

Untuk diketahui bahwa jumlah uang sedekah asyura 1443 H/2021 adalah sebesar Rp. 4.863.000 yang bersumber dari masyarakat desa Rensing Bat , donatur dari Mataram dan Hongkong. Uang sedekah tersebut di bagikan kepada 81 orang anak-anak yatim piatu, anak terlantar, anak duafa dan beberapa orang lansia yang sedang sakit, masing-masing menerima Rp. 60.000.

Aksi penggalangan dana sedekah Asyuro ini tidaklah lama hanya 2 hari saja itupun setengah hari.

“Alhamdulillah ada peningkatan jumlah uang sedekah dan masyarakat yang bersedekah dibandingkan dengan sedekah asyuro tahun 2020 lalu itu artinya kepedulian masyarakat kian meningkat” kata Nur.

Keutamaan bersedekah di hari asyuro sangat luar biasa sebagaiman apa yang telah disabdakan oleh Rasulullah SAW yang artinya, “Orang yang melapangkan keluarganya pada hari Asyura’, maka Allah akan melapangkan hidupnya pada tahun tersebut,” (HR At-Thabarani dan Al-Baihaqi.

Keluarga terdekat yang dimaksud adalah pihak utama yang mesti diperhatikan pada hari tersebut (istri anak-anak,kerabat). Selain itu keluarga terdekat yang dimeraksud menurut sebagian ulama adalah anak-anak yatim piatu dan fakir miskin. (n_din-kminabbany)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *