Siswa MAN 2 Kota Bima Dapat Nilai Membanggakan di Kompetisi Matematika Internasional

  • Share

Kota Bima – Nur Chandrafinandar, siswa MAN 2 Kota Bima ditetapkan sebagai pemenang dengan kategori “Nilai Membanggakan” pada Kompetisi Internasional Online BRICSMATH.COM+.  Kompetisi Internasional Online BRICSMATH.COM+ merupakan Olimpiade Matematika Online Internasional untuk siswa sekolah dari 7 negara, yakni: Brasil, Rusia, India, Cina, Afrika Selatan, Indonesia, dan Vietnam. Kompetisi diselenggarakan oleh Platform Pendidikan Online DRAGONLEARN.ORG.

Kompetisi tahunan yang dilaksanakan pada tahun 2020 telah masuk tahun ke IV. Kompetisi Matematika skala Internasional ini diperuntukkan bagi siswa kelas 1 – 12. Tujuan utama kompetisi ini adalah untuk mengembangkan kemampuan logika dan berpikir spasial sehingga dapat membantu siswa untuk menerapkannya dalam  kehidupan sehari-hari.

Keterangan dari Chandra, panggilan dari Nur Chandrafinandar yang saat ini duduk di kelas XI IPA ini menjelaskan bahwa soal-soalnya sangat interaktif yaitu soal dalam bentuk permainan.

 “Bagi peserta yang dapat poin tertentu sesuai levelnya, maka dapat piagam penghargaan. Setelah mengerjakan soal langsung kelihatan poinnya. Saat itu saya dapat poin 60-an dari poin total 80”, ujarnya.

Babak persiapan kompetisi, lanjutnya, berlangsung pada 22 April hingga 19 Juni 2020 lalu. Sementara Piagam Penghargaannya diserahkan pada Desember 2020.

Di samping belajar secara mandiri, Chandra mengaku juga mendapatkan bimbingan dari Jumrah, S.Pd, Pembina Matematika di MAN 2 Kota Bima.

Untuk dapat mengikuti kompetisi skala internasional BRICSMATH.COM+, guru dapat melakukan pendaftaran pada situs www.bricsmath.com secara online. Siswa akan memperoleh kata sandi pribadi untuk login ke situs tersebut. Setelah itu siswa dapat langsung memulai menyelesaikan soal-soal melalui perangkat yang terhubung ke internet. Setiap peserta yang hendak mengikuti kompetisi skala Internasional ini tidak dipungut biaya apapun. (NR)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *