Medali Emas KSM Fisika, 3 Medali Lain Juga Diboyong Siswa MAN 2 Kota Bima

  • Share

Kota Bima – Nur Nafilah, Siswi MAN 2 Kota Bima berhasil meraih Medali Emas (Juara 1) pada bidang studi Fisika Terintegrasi tingkat MA Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kota Bima Tahun 2021. Pengumuman dilaksanakan pada 28 Agustus 2021 di laman http://ksm.kemenag.go.id.

Tak hanya Nur Nafilah, siswa lainnya juga mendapatkan medali, diantaranya Zamharira Salma, Medali Perak (Juara 2) Kimia Terintegrasi, Dinda Komeliantari, Medali Perunggu (Juara 3) Geografi terintegrasi, dan Nurul Inayah, Medali Perunggu (Juara 3) Ekonomi Terintegrasi. Sehingga siswa MAN 2 Kota Bima memboyong 4 medali dan berhak mengikuti KSM tingkat Provinsi NTB yang akan dilaksanakan 18 September 2021.

KSM tingkat Kota Bima dilaksanakan secara virtual/daring dengan menggunakan aplikasi CBT KSM Tahun 2021. Untuk siswa tingkat MA dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2021 di MAN 2 Kota Bima.

Soal-soal  KSM Tahun 2021 adalah hasil dari mengelaborasi dan memadukan sains dengan konteks nilai-nilai Islam (Aqidah Akhlak, Qur’an Hadits, Fiqih, dan SKI) dan Integrasi Sains. Bentuk soal menggunakan 3 bahasa, yakni: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab. Hal ini sebagai bentuk persiapan kegiatan KSM yang akan Go Internasional, berkompetisi dengan beberapa negara sahabat (ASEAN).

Pelaksanaan KSM tingkat Kabupaten/Kota dan tingkat Provinsi dilakukan secara daring. Sedangkan KSM tingkat Nasional akan dilaksanakan secara luring di setiap kanwil atau tempat yang ditetapkan oleh kanwil Provinsi.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah menyelenggarakan kegiatan KSM Tahun 2021. Kegiatan ini dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan peningkatan mutu daya saing teknologi antar siswa madrasah. (NR)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *