Hultah NWDI ke-86 Sukses di Gelar, Sejumlah Menteri Ikuti Secara Virtual

  • Share

Pancor, Lombok Timur – Pegelaran Hultah NWDI ke-86 di Pancor Lombok Timur sukses di gelar Minggu, 29/8/2021. Acara tersebut dirangkaikan dengan 24 tahun Haul Al-Mgfirullah Maulanasyeikh TGKH Zainuddin Abdul Majid sang pendiri Organisasi Nahdlatul Wathan Diniah Islamiah (NWDI) dan Nahdlatul Whaton (NW).

Kegiatan tersebut diikuti oleh sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju secara Virtual Zoom yang diantaranya,  Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri Agama Yaqut Kholil Kaumas, Menteri BUMN Erik Tohir, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menko PMK Muhadjir Effendy. Selain itu, hadir juga Kepala BNPT RI Boy Rafli Amar dan beberapa ulama Makkah, Yaman, serta Libanon.

Hultah kali ini dilaksanakan di Mushalla Al Alabror Hamzanwadi Yayasan  Pondok Pesantren Darunnahdatain (YPH-PPD) Pancor yang dihadiri oleh kurang lebih 400 Jamaah secara langsung dan Seribuan mengikuti secara Virtual zoom dan juga  melalui media sosial seperti Facebook dan kanal Youtube NWDI Media Center.

Panitia sekaligus penanggungjawab kegiatan H. Muhammad Djamaluddin seperti di kutip dari lombokpost.com menjelaskan, 86 tahun NWDI sesuai perhitungan kalender hijriah dipengaruhi oleh konteks dinamis sesuai dengan perkembangan zaman. Mulai dari masa pra kemerdekaan, kemerdekaan, dan di era pembangunan sampai masa sekarang.

Momen Hultah NWDI tidak hanya memeriahkan kegiatannya, melainkan lebih dari itu, yakni memahami, dan memaknai arti dari perjuangan sang pendirinya. Karena itu, peringatan Hultah NWDI ke 86 diharapkan dapat menjadi ajang silaturrahmi para kader, abituren, dan pecinta NWDI di mana saja berada untuk bersinergi, memikirkan dan merumuskan bersama langkah-langkah perjuangan NWDI di masa depan. “Perjuangan Maulanasyeikh di bidang pendidikan, sosial, dan dakwah juga peningkatatan ekonomi ummat dapat tetap dilanjutkan oleh generasi muda NWDI,” Terangnya.

Ia juga menegaskan, esensi dari peringatan Hultah NWDI kali ini adalah membumikan nilai-nilai perjuangan Maulanasyeikh sebagai pejuang agama, bangsa, dan negara.

Dalam acara tersebut, beberapa Menteri juga berkesempatan menyampaikan sambutan secara virtual zoom seperti para Menteri, Tokoh Agama dan Ulama dari luar negeri juga diberikan kesempatan mengucapkan selamat melalui video.

Ketua Umum PB NWDI TGB Muhammad Zainul Majdi yang sekaligus membawa acara yang berlangsung secara hybrid, mengucapkan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan. Baik yang hadir secara langsung dan juga virtual. “Alhamdulillah, kita hultah di Pancor, tapi mendapat sambutan dari seluruh dunia,” kata TGB.

TGB berpesan kepada seluruh santri-santriwati NWDI agar mengparesiasi diri atas keberadaannya. “Apresiasilah dirimu anak-anakku. Engkau belajar di tempat yang baik, berguru pada guru yang baik. Engkau belajar pada tempat bersejarah dengan sejarah yang mulia,” ucap mantan Gubernur NTB dua periode itu.

Cara untuk mensyukuri dan mengapresiasi diri lanjut TGB adalah dengan belajar mengemban amanah. Amanah untuk melanjutkan perjuangan dan menanamkan nilai-nilai perjuangan pendiri NWDI.

Pesan TGB kepada seluruh kader dan jamaah NWDI diharapkan memegang teguh prinsip perjuangan yakin, ikhlas, sabar, dan istiqomah. Yakin adalah memegang teguh ajaran ahlusunnah waljamaah. Ikhlas dimaknai sebagai mendahulukan keridaan Allah SWT di atas semuanya. “Jangan sampai disorientasi,” tegasnya.

Sabarlah dalam bentuk yang positif lebih-lebih di tengah situasi pandemi Covid-19 sekarang ini, jamaah NWDI harus menghadapinya dengan sabar. Tidak ada yang menganggap situasi saat ini ringan. Karena itu ia berpesan agar seluruh jamaah NWDI saling mengingatkan dan mengajak sesamanya untuk bersabar. Kita adalah manusia yang Allah takdirkan untuk mengalami ini. Yang diinginkan Allah adalah kesabaran dan kesyukuran kita, Jelasnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *