Konsolidasi Pengurus Ikatan Persaudaraan  Haji (IPHI) Kabupaten Sumbawa

  • Share

Joko Pitoyo KM Sumbawa:_Bertempat di ruang rapat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa berlangsung rapat Konsolidasi Pengurus Ikatan Persaudaraan  Haji (IPHI) Kabupaten Sumbawa yang dihadiri Pegurus Harian  dan Koordinator berhubung kapasitas ruangan harus disesuaikan  dengan ketentuan edaran  Bupati  Sumbawa tentang Pemberlakuan Pembatasan Masyarakat  level 3 (PPKM) dan pada   saatnya nanti semua pengurus bisa hadir secara menyeluruh, Rabu 01/09/2021.

Sesuai dengan undangan yang telah disampaikan kepada Pengurus Harian dan Koordinator seluruhnya hadir dan rapat konsolidsi dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Sejak dilantik  pengurus Ikatan Persaudaraan  Haji (IPHI) Kabupaten Sumbawa bulan Agustus 2021 lalu, baru kali pertama mengadakan pertemuan dalam rangka menyampaikan hasil Rakorwil yang dilaksanakan di Hotel Lombok Plaza  Mataram pada tanggal 14-15  Agustus 2021 dan dalam Rapat Kerja IPHI Prov NTB , IPHI Kabupaten Sumbawa mengambil bagian untuk memberikan rekomendasi kepada pengurus IPHI Provinsi untuk  mengikuti Muktamar IPHI yang dilaksanakan di Surabaya pada Bulan Agustus tahun 2021.

Pada Arahan yang disampaikan Ketua IPHI Kabupaten Sumbawa Drs.H. Sukri ,M.Si , menyampaikan terima kasih kepada pengurus Harian dan ketua ketua Bidang  yang dapat memenuhi undangan pertemuan ini, mengingat pentingnya pertemuan ini yang membahas beberapa hal berkaitan dengan persiapan Rakerda IPHI Kabupaten Sumbawa untuk itu sebelum pelaksanaan Rakerda diharapkan dalam waktu dekat akan dibentuk pengurus Ikatan Persaudaraan Haji tingkat Kecamatan se Kabupaten Sumbawa dan sekaligus pengukuhannya.

Ketua IPHI juga memohon dukungan secara bersunguh sungguh kepada pera pengurus yang baru dilantik dalam melaksanakan program sesuai dengan AD/ART IPHI sesuai hasil Muktamar 2021 dan akan melaksanakan tugas secara amanah  .

Peran IPHI, memberikan pembinaan jamaah pasca haji tentu sangat diharapkan karena dengan wadah IPHI inilah para jamaah yang sudah menunaikan ibadah haji bisa berkiprah dan memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat dan pembangunan di daerah. Karena keberadaan IPHI mempunyai peran melaksanakan pembinaan, bimbingan dan penyuluhan kepada calon jamaah haji dan pasca pulang haji,’’

IPHI dapat  meningkatnya implementasi Haji Mabrur di tengah-tengah masyarakat, sehingga tercapai kondisi umat dan bangsa yang sejahtera lahir dan batin. Selain memberdayakan para haji dalam melestarikan kemabruran hajinya, menjadi teladan, panutan dan pilar peningkatan kualitas umat dan bangsa Indonesia.

Ada beberapa hal penting dalam persiapan pembentukan pengurus IPHI tingkat Kecamatan Ketua beserta pengurus  IPHI Kabupaten Sumbawa akan  melakukan konsultasi dengan Bapak Bupati dalam pelaksanaan pembentukan pengurus IPHI Kecamatan dan  mengharap dukungan  Camat dan Kantor Urusan Agama agar pelaksanaan dilapangan berjalan sesuai dengan harapan .

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *