Serah Terima Mahasiswa PPL Universitas Islam Negeri Mataram Di MAN 1 Lombok Barat

  • Share

KM Lobar: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan media bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan dasar profesi, PPL menjadi salah satu mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa Keguaruan. Praktik ini diaplikasikan dalam bentuk praktik mengajar dan kegaiatan educational lainnya di lembaga sekolah / madrasah.

Kamis, 9 September 2021, berlangsung acara serah terima mahasiswa PPL dari Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram ,  sebanyak 8 Mahasiswa PPL dari 4 program studi yaitu Tadris Bahasa Inggris, Tadris IPS, Bahasa Arab dan Pendidikan Agama Islam, acara tersebut berlanagsung di ruang Wakil Kepala Madrasah ,yang dihadiri oleh seluruh wakil Kepala Madrasah, Mahasiswa PPL, dan perwakilan guru pamong, hadir juga Dosen Pembimbing Lapangan, Dr.Baharuddin ,M.Pd.

Penerimaan mahasiswa PPL UIN Mataram tahun ajaran 2021/2022, di lakukan secara ceremony oleh pihak lembaga madrasah, acara tersebut di mulai dengan pembukaan dan dilanjutkan langsung dengan sambutan dan kalimat penyerahan oleh dosen pembibing lapangan. Dalam sambutannya, Dr Baharuddin,M.Pd menyampaikan rasa terimakasihnya atas nama Universitas Islam Negeri Mataram kepada pihak Madrasah, yang telah menerima dengan baik 8 Mahasiswa PPL, dan mohon kerjasamanya dan bimbingannya dari Kepala Madrasah, para Waka dan juga seluruh guru di MAN 1 Lombok Barat, agar para mahasiswa dapat menimba ilmu dan pengalaman mengenai praktik mengajar di madrasah ini. “Titip”, mahasiswa kami,. Ungkapnya. Masih dalam sambutannya, beliau berpesan kepada para mahasiswa untuk tertib dan mengikuti seluruh kegiatan madrasah, tidak hanya kegiatan belajar mengajar, tetapi juga kegiatan kegiatan madrasah lainnya, karena madrasah merupakan laboratorium masyarakat.

Menyambut apa yang di sampaikan oleh dosen pembimbing lapangan, Kepala Madrasah, H. Abdul Azis Faradi, M.Pd, juga menyampaikan rasa terimakasih atas kepercayaan UIN Mataram untuk kesekian kalinya menjadi mitra kerjasama dalam kegiatan PPL tahun ini. Beliau mengharapkan kepada seluruh mahasiswa PPL , agar senantiasa mengikuti seluruh kegiatan di madarasah ini dengan baik, rajin, dan mampu bersinergis dan berkolaborasi secara professional dengan seluruh civitas madrasah, karena pelaksanaan PPL ini sangat singkat, hanya 45 hari. Selama PPL para mahasiswa diberikan pembinaan aspek Kompetensi Profesi,Pedagogik,Sosial dan Keperibadian sehingga diharapkan dapat memanfaatkan waktu yang singkat ini untuk berlatih dan dengan mengikuti seluruh program dan kegiatan madrasah.

Mengakhiri sambutannya Kepala Madrasah berharap semoga program pengalaman lapangan ini dapat menumbuh kembangkan jiwa pendidik yang tinggi serta melatih kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian, dan professional guru, bukan hanya bersifat teoritis namun harus mampu menjangkau pada implementasi riil di lapangan. Dan semoga dengan adanya program PPL ini dapat menambah motivasi bagi siswa dan mahasiswa sebagai calon pendidik serta terjalinnya silaturrahmi. ( Humas MAN 1Lobar. )

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *