Pameran Inovasi NTB Berakhir, Desa Rarang Selatan Sukses Juara Bersama SID

  • Share

Lombok Timur, Pegelaran Pameran Inovasi Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) 3 Tahun Perkhidmatan Zul-Rohmi yang digelar selama 3 hari (Jum’at, Sabtu dan Ahad,17,18 dan 19 September 2021) yang bertempat di Halaman Bappeda Provinsi NTB resmi di tutup pada Ahad, (19/09).

Dalam kegiatan tersebut menampilkan banyak inovasi yang datangnya dari berbagai tempat di NTB termasuk dari Lombok Timur yang salah satunya adalah Inovasi Sistem Informasi Desa (SID) OpenSID.

Forum Sistem Informasi Desa (FORSID) Lotim yang diwakili Desa Rarang Selatan Kecamatan Terara dalam kegiatan tersebut sukses menempatkan posisinya menjadi juara 1 terbaik katagori stand.

Desa Rarang Selatan bersama Forsid menampilkan SID OpenSID sebagai bank data yang lengkap untuk membangun desa.

Ketua Forsid Lotim Muhammad, S.Pd kepada Kampung Media Senin, (20/09) mengungkapkan, Sistem Informasi Desa (OpenSID) adalah merupakan inovasi yang menjadi proritas dalam rangka mensterilkan data di desa.

Hadirnya Sistem Informasi Desa lanjut dia, akan mampu mewujudkan Tatakelola desa yang baik, Transparan, Tepat dan Akurat. Disamping itu SID juga membantu pemerintah desa dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan.

Menurutnya, SID akan mempermudah pemerintah desa dalam melakukan perencanaan dan Penganggaran berbasis data serta membangun desa melalui data.

“Ini nyata terlihat di desa Rarang Selatan, Penggunaan Opensid secara terus menerus sejak tahun 2016 lalu mampu membangun data dengan sangat baik dan itu sudah dirasakan oleh masyarakat dan pemerintah desa setempat” Ujarnya.

Dia mencontohkan dalam Pembuatan surat menyurat, prosesnya cepat, tepat dan sangat akurat dengan penyediaan data yang sudah di input sebelumnya. Sistem ini berbasis web dilengkapi informasi berita desa yang mudah diakses masyarakat serta disediakan juga Layanan Mandiri yang bisa diakses masyarakat dimanapun dan banyak lagi.

Jika ingin desa kita maju dan memiliki data yang baik, solusinya adalah menggunakan sistem informasi Desa (OpenSID). Sistem ini gratis dan mudah dioperasikan, Sambungnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *