Ketahui Bagian Motor Ini yang Harus diganti Secara Rutin

Mataram – Sepeda motor yang kerap digunakan apalagi dengan intensitasi pemakaian tinggi atau setiap hari memerlukan perawatan ekstra agar kondisi mesin dan larinya tetap nampol. Perawatan rutin sangatlah penting bagi kendaraan kita agar mesin menjadi lebih tahan lama dan dapat berjalan dengan tanpa kendala. Agar tetap aman dan nyaman saat dikendarai, kesalahan dalam perawatan motor tersebut harus dihindari karena dapat membuat Anda kerepotan dan mengeluarkan biaya yang lebih besar.
Untuk melakukan pencegahan pada kerusakan motor Anda, ada beberapa bagian motor yang harus diganti rutin. Dengan demikian, motor Anda tidak akan rusak dan tahan lama. Astra Motor NTB akan membagikan informasi seputar perawatan dari bagian motor yang harus diganti secara berkala.
Technical Manager Astra Motor NTB Anton Prihatno mengatakan, terdapat 7 komponen utama yang harus diganti secara berkala agar mendapatkan performa mesin dan lari yang tetap membandel.
“Agar motor Honda tetap awet dan berumur panjang, rutinlah mengganti 7 komponen penting pada motor. 7 komponen tersebut adalah oli, busi, gear, kampas rem, air radiator, ban dan aki,” ucap Anton Prihatno.

  1. Oli
    Oli adalah bagian yang harus diganti secara rutin untuk menghindari berbagai kendala saat mengendarai motor, seperti tiba-tiba macet di tengah jalan, turun mesin, dan kerusakan lainnya. Jika ketersediaan oli pada motor Anda bersisa sedikit, segeralah ganti dengan oli baru sebelum terjadi kerusakan. Pastikan pilih oli yang sesuai dengan merk motor yang digunakan.
  2. Busi
    Busi yang usang dapat menyebabkan motor kamu sulit dinyalakan. Selain itu, busi yang sudah usang juga akan membuat motor tersendat-sendat, berasap, dan lainnya yang tentunya sangat mengganggu dan tidak nyaman saat dikendarai.
  3. Gear Motor
    Sama halnya dengan oli dan busi, gear motor juga harus rutin diperiksa dan diganti jika sudah gundul. Rantai motor akan terlepas jika gear sudah gundul. Untuk motor yang sering digunakan, gantilah gear motor 2 (dua) bulan sekali agar terhindar dari kerusakan yang telah dikemukakan tadi.
  4. Kampas Rem atau Oli Rem
    Kampas rem atau oli rem pada motor kamu harus senantiasa diperiksa dan diganti jika perlu, karena tanpa perawatan yang baik terhadap bagian tersebut akan berakibat fatal seperti rem blong yang beresiko kecelakaan berkendara.
  5. Air Radiator
    Perawatan yang baik terhadap air radiator akan menjaga ketahanan atau umur mesin, terutama pada motor matic. Mesin motor yang terlampau panas akan mati mendadak. Untuk mengatasi hal tersebut, air radiator diperlukan sebagai pendingin pada mesin motor.
  6. Ban
    Ban yang botak akan membuat kamu rentan tergelincir saat mengendarai motor apalagi dalam kondisi hujan. Oleh sebab itu, performa ban harus senantiasa dijaga. Dengan ban yang baik, maka resiko kecelakaan berkendara akan semakin rendah.
  7. Aki
    Kondisi aki harus selalu dijaga dengan cara menggantinya secara rutin. Aki akan berfungsi untuk mengurus kelistrikan di dalam motor. Biasanya aki perlu diganti setiap 1,5 sampai 2 tahun sekali.
    “Dengan perawatan secara rutin, sepeda motor Hondamu akan lebih awet atau tahan lama. Untuk urusan perawatan sepeda motor Honda selalu percayakan dengan bengkel AHASS yang telah memiliki teknologi jepang,” tutup Anton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *