Karang Taruna Kecamatan Sakra Barat Resmi Dibentuk

  • Share

Sakra Barat, Lotim – Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda nonpartisan yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa / Kelurahan, Kecamatan ataupun komunitas sosial sederajat yang terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial.

Dalam rangka mewujudnya pembangunan kesejahteraan sosial generasi muda tersebut, Pemerintah Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur pada Sabtu, (16/10) membentuk Organisasi Karang Taruna yang dimaksudkan sebagai wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomi produktif dengan pendayagunaan semua potensi yang tersedia khususnya di Kecamatan Sakra Barat.

Acara tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Camat Sakra Barat yang dihadiri Pengurus Karang Taruna Kabupaten Lombok Timur, Pejabat kecamatan Sakra Barat, Ketua Gerak NTB dan Pengurus perwakilan Karang Taruna dari masing-masing desa Se-Kecamatan Sakra Barat.

Ketua Panitia Muh. Fikry dalam pidato laporannya mengatakan, Temu Karya Karang Taruna ini merupakan sejarah baru di Kecamatan Sakra Barat sejak sekian tahun berdirinya, disinilah tempat dimana pemuda Sakra Barat berinovasi kedepan, Disini juga kita bisa melihat geliat dari para pemuda dalam menginplementasikan segala ide dan gagasannya dalam rangka memajukan desa di kecamatan Sakra Barat.

Setelah terbentuknya Karang Taruna Kecamatan ini nanti lanjut Fikry, diharapkan bisa membantu desa dan kepala desa untuk terus mengabdi secara bersama-sama memberikan solusi tentang permasalahan yang ada di desa. Ia juga berharap kepada pengurus terpilih menakhodai Karang Taruna kecamatan ini agar bisa mengajak untuk berbuat demi kemajuan bersama terutama para pemuda.

Selanjutnya kata Fikry, Pengurus Karang Taruna yang terbentuk ini nanti akan di Kukuhkan di hari peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober mendatang.

Arsa Ali Umar Ketua Gerak NTB dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemuda adalah aset terbesar bangsa ini untuk menjadi pemimpin masa depan yang harus dibina dan digerakkan. Pemuda sa’at ini adalah stok pemimpin 10 hingga 20 tahun ke depan, jika kita sebagai pemuda tidak mau peduli dengan lingkungan maka akan jadi apa bangsa ini.

Kitalah penentu kemajuan di daerah kita, baik di kecamatan ataupun di desa. “Kalau mau melihat masa depan sebuah Bangsa 10 atau 20 tahun kedepan maka lihatlah generasi mudanya hari ini” Ungkapnya.

Sementara itu Kabid Hukum Karang Taruna Kabupaten Lombok Timur mewakili ketua Karang Taruna Kabupaten dalam sambutannya mengatakan, Karang Taruna merupakan organisasi sebagai wadah pengembangan generasi muda yang bergerak di bidang kesejahteraan sosial kemasyarakatan.

Karang taruna merupakan kebutuhan mulai dari tingkat desa hingga pusat sehingga menteri sosial melalui permensos Nomor 25 Tahun 2019 tentang Karang Taruna menyebutkan bahwa organisasi ini dibentuk sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh, dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial, Jelasnya sebelum membuka acara.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemilihan Pengurus Karang Taruna dengan 4 orang kendidat yang dipilih secara langsung oleh para peserta yang dipandu Moderator panitia.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *