Semarak Hari Santri, Boarding School MAN 2 Kota Bima Gelar Berbagai Lomba

  • Share

Kota Bima – Menjelang Hari Santri Nasional (HSN) yang ke- 6 Tahun 2021 yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober, Boarding School MAN 2 Kota Bima menggelar berbagai jenis lomba. Kegiatan lomba diperuntukkan bagi pelajar jenjang MTs/SMP/sederajat dan jenjang MA/SMA/SMK/sederajat se- Pulau Sumbawa.

Kegiatan pembukaan lomba dihelat pada Sabtu pagi, 16 Oktober 2021 dan dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bima H Ahmad Taufik, S.Ag, MM, seluruh Pejabat Eselon 4 Kantor Kementerian Agama Kota Bima, Kepala MAN 2 Kota Bima Muslihah, S.Pd, seluruh dewan guru serta pembina dan peserta lomba.

Dalam kata sambutannya Kepala MAN 2 Kota Bima mengungkapkan bahwa Peringatan Hari Santri Nasional berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri Nasional. Peringatan Hari Santri memiliki tujuan diantaranya sebagai ajang membangun tali silaturrahim, dapat meningkatkan kualitas iman dan ilmu, dan dapat mengembangkan potensi, bakat, dan skill para siswa dan santri.

Kegiatan lomba ini adalah sebuah momentum dalam rangka penyambutan Hari Santri Nasional Tahun 2021 mendatang. Alhamdulillah, ada ratusan siswa yang mendaftarkan diri ikut lomba”, jelas Muslihah penuh syukur.

Total seluruh peserta, sambungnya, sebanyak 401 orang, dengan perincian 197 orang untuk jenjang MTs/SMP/sederajat dan 204 orang untuk jenjang MA/SMA/SMK/sederajat.

Adapun perincian jumlah peserta pada setiap cabang lomba sebagai berikut: untuk cabang lomba jenjang MTs/SMP/sederajat, yakni: Hikayat Bahasa Arab 24 orang, Pidato Bahasa Arab 55 orang, English Story Telling 35 orang, English Speech 50 orang, dan Tahfidz 2 Juz (29 – 30) 33 orang. Untuk jenjang MA/SMA/SMK/sederajat, yakni: Pidato Bahasa Arab 58 orang, Presentasi Bahasa Arab 11 orang, English Speech 109 orang, dan English Presentation 34 orang.  

Pelaksanaan lomba akan digelar selama 4 hari, Sabtu – Selasa, 16 – 19 Oktober 2021 yang bertempat di Masjid Babul Ilmi MAN 2 Kota Bima.

Dengan mengusung tema “Memperluas Peran Santri Mengatasi Pandemi”, panitia lomba mengadakan berbagai cabang lomba, seperti: untuk cabang lomba jenjang MTs/SMP/sederajat, yakni: Hikayat Bahasa Arab, Pidato Bahasa Arab, English Story Telling, English Speech, dan Tahfidz 2 Juz (29 – 30). Sedangkan untuk jenjang MA/SMA/SMK/sederajat, yakni: Pidato Bahasa Arab, Presentasi Bahasa Arab, English Speech, dan English Presentation.

Adapun tema lomba yang dapat dipilih oleh peserta ada 3 tema, yaitu: Pendidikan Islam, Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi, dan Motivasi Belajar di Masa Pandemi. Pengumuman hasil lomba rencananya akan diumumkan pada hari ke 4 setelah kegiatan lomba berakhir. Hadiah bagi para pemenang berupa piagam penghargaan dan uang tunai. (NR)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *