Posyandu Dasan Cermen Selatan Dapat Bantuan CSR Menyambut HUT Ke 53 Astra Motor NTB

Berbagai macam kegiatan digelar oleh Astra Motor NTB dalam rangka menyambut HUT Ke 53 Astra Motor NTB yang jatuh pada tangal 16 Juni 2023, salah satunya adalah Posyandu, melalui CSRnya Astra Motor NTB memberikan berbagai macam bantuan untuk menunjang operasional Posyandu  Edelwis Satu Dasan Cermen Selatan yang masuk dalam Kampung Berseri Astra (KBA). 15/6/2023)

ESS & SR Inspector Astra Motor NTB Juniati Hafianirmaya mengatakan Posyandu Kampung Berseri Astra (KBA) ini dari pihak Astra Motor NTB mensuport dalam bentuk makanan tambahan berupa  Kacang Ijo, Nasi Kuning, Timbangan, Termometer dan beberapa alat kesehatan lainnya.

Ditambahkan Juniati, dari Kader Posyandu meminta selain diberikan alat kesehatan atau makanan tambahan , agar diberikan juga buku bacaan dan alat menggambar.

“Kalau misalnya adik-adik ini lagi menunggu giliran untuk diperiksa mereka bisa belajar membaca dan menggambar, dan kita ada juga sih ngasih buku-buku tambahan untuk posyandu di dasan cermen ini”. Tutur Juniati

Untuk kegiatan ini, kata Juniati setiap tahun akan disuport namun untuk dua bulan terakhir ini kita sering memberikan bantuan. Jadi tidak hanya dalam rangka HUT Astra Motor saja namun CSRnya Astra Motor juga merambah ke dunia pendidikan.

Sebagai Staff perwakilan dari Kelurahan Dasan cermen, Hamidah mengatakan ke Pasyandu Keluarga Edelwis Satu ini untuk mendampingi para Kader dalam melayani warga yang datang berobat dan berinteraksi serta memberikan support untuk kenyamanan dan rasa aman  bagi anak-anak balita yang dibawa oleh ibu mereka dengan menyediakan sarana bermain seperti buku bacaan dan alat menggambar selama menunggu giliran untuk diperiksa.

Kata Hamidah Posyandu Keluarga Edelwis Satu ini rutin dilaksanakan setiap bulan dan diperuntukkan untuk pemeriksaan Lansia, Ibu Hamil,Bayi dan Balita sedangkan Posyandu Remaja dikhususkan untuk para remaja dan di laksanakan sore hari setiap bulan.

Ketua Posyandu Edelwis Satu Dasan Cermen Selatan Aisyah mengatakan di Kampung Dasan Cermen Selatan ini terdapat 200 san kepala keluarga dan sebanyak 60 lebih ibu-ibu mengantarkan anak-anaknya ke posyandu, bayi dan balita dengan usia rata-rata nol sampai lima tahun.

Dari pangakuan Aisyah terdapat 3 anak umur 1 sampai 4 tahun yang jarang ke posyandu karna orang tua  mereka sibuk mencari nafkah bahkan dari mereka ada yang mengalami Gagal jantung, bibir sumbing sehingga perlu penanganan serius.

Walaupun demikian kata Aisyah, tetap dari Kader Posyandu melakukan sweeping dan datang kerumah mereka untuk memantau perkembangan kesehatannya dan sesekali melakukan penimbangan berat badan.

Salah seorang Ibu Firda Ayu Prayadi mengatakan  sejak kelahiran anak pertama sampai ke tiga selalu datang ke Posyandu untuk memeriksakan kesehatan putrinya.

“ Datang ke posyandu pertama dilakukan adalah pendaftaran, kemudian menimbang, lalu di ukur tinggi badannya setelah itu ke bagian cek kesehatan apakah perlu imunisasi atau tidak, Alhamdulillah Sehat setelah itu mendapatkan makanan tambahan.  ” Kata Firda Sambil menggendong Faisah Humaira, putrinya yang baru berusia 10 bulan 12 hari

Pendamping PKH Kelurahan Dasan Cermen Bohari Rahman mengatakan sebagai pendamping PKH, kedatangannya ke posyandu ini untuk memverifikasi komitmen dari ibu-ibu peserta PKH, apakah mereka rajin datang ke posyandu atau tidak, dan bagi yang tidak hadir kita kunjungi agar mau hadir ke posyandu.

“Artinya kan Ibu-ibu ini harus punya kewajiban datang ke posyandu setiap bulannya, walaupun dia hanya sekedar menimbang balitanya, jangan sampai meremehkan hanya sekedar menimbang”. Ujar Bohari

Dari data yang ada di Posyandu Edelwis Satu Kampung Dasan Cermen Selatan, pada pukul 10.20 Wita dari 60 anak yang terdaftar, terdapat 43 ibu-ibu yang sudah datang memeriksakan anaknya dan 17 belum datang. Jikapun dari 17 ini belum datang maka para Kader Posyandu akan  sweeping dan datang menemui mereka untuk dilakukan pemeriksaan. (Abdi KM Mataram)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *