Atas Nama Pemprov NTB, Doktor Najam apresiasi Kolaborasi BPS NTB bangun NTB Satu Data

Selasa (6/12), Doktor Najam Kepala Dinas Kominfotik Provinsi NTB menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi yang baik antara BPS NTB dengan Pemprov NTB dalam membangun NTB Satu Data. Hal tersebut beliau sampaikan dalam kegiatan Rapat Koordinasi Daerah (RAKORDA) ST2023 yang diselenggarakan oleh BPS NTB bertempat di Hotel Aruna Senggigi.

Beliau juga menyampaikan bahwa Pemerintah NTB berhasil mendapatkan penghargaan ANINDITA WISTARA DATA dari BPS RI atas Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Tahun 2023 tidak lepas dari dukungan dan bantuan BPS NTB.

“Dihadapan Kepala BPS NTB dan jajarannya, termasuk dihadapan Kepala BPS Kab/Kota se NTB, atas nama Pemerintah Provinsi NTB, saya mengucapkan apresiasi, ucapan terimakasih atas sinergi dan kolaborasi BPS NTB”, Ungkap Doktor Najam saat mendampingi Drs. Wahyuddin, MM Kepala BPS NTB di Rakorda BPS se NTB di Hotel Aruna Senggigi.

Hingga bulan November 2023, Portal NTB Satu Data telah diakses oleh lebih dari 1,7 juta kunjungan selama Tahun 2023. Kunjungan portal NTB Satu Data terus mengalami peningkatan, yakni 242 ribu kunjungan tahun 2020, 770 ribu kunjungan tahun 2021, 1.1 juta kunjungan tahun 2022, serta 1.7 juta kunjungan pada tahun 2023. Kedepannya, NTB Satu Data akan melakukan pengembangan dengan cara memperkuat regulasi, memperkaya daftar data daerah, memperbaharui portal NTB Satu Data, meningkatkan nilai kematangan assessment SDI, dan meningkatkan capaian EPSS.

Penghargaan ANINDITA WISTARA DATA ini menambah koleksi capaian Pemprov NTB melalui Diskominfotik NTB, sebelumnya Diskominfotik NTB telah mendapatkan penghargaan berupa:

  1. Indeks SPBE NTB mendapatkan predikat 8 Besar Nasional (Menpan RB RI)
  2. Indeks PSE mendapatkan predikat Terbaik 2 Nasional (MenKominfoRI)
  3. Indeks Pembangunan Stattistik mendapatkan predikat Terbaik 3 Nasional (BPS RI)
  4. Indeks Keterbukaan Informasi Publik/IKIP mendapatkan predikat Terbaik 4 Nasional (KI Pusat)
  5. Pemda Peduli Penyiaran (6 Pemprov se Indonesia).
  6. Mengawal pengembangan 62 Aplikasi layanan Publik dalam hub Command Center sebagai inovasi mendukung Pemprov NTB raih Provinsi Terinovatif (Litbang Kemendagri). (Kominfotikntb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *