Upacara Pembukaan HAB ke 76 Kemenag RI Tingkat Kota Bima

Kota Bima – Dalam rangka memeriahkan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia yang ke-76 pada 3 Januari 2022 mendatang, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bima menggelar serangkaian kegiatan, diawali dengan upacara pembukaan pada Senin 08/11/2021 yang dimulai pada pukul 07.30 wita.

Upacara pembukaan HAB Kemenag ke-76 Tingkat Kota Bima dilaksanakan di halaman Kantor Kemenag Kota Bima. Upacara dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Bima, H. Ahmad Taufik, S.Ag.MM. Tampak hadir Kasubbag TU, Kepala Seksi dan Penyelenggara, Ketua Pokjawas dan anggota, Kepala KUA, Kepala Madrasah Negeri dan Swasta, seluruh pegawai Kantor Kemenag Kota Bima, dan seluruh dewan guru lingkungan Kemenag Kota Bima.

Mengawali kegiatan upacara, Drs. H. Furqan  Aroka selaku ketua panitia HAB memberikan laporan. Dalam rangka memeriahkan HAB ke 76 Kemenag RI tingkat Kota Bima, Kemenag Kota Bima menggelar kegiatan yang dinamakan Pekan Olahraga dan Lomba Akademik. Dasar kegiatan ini berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Kemenag Kota Bima Nomor 176 tentang Pembentukan Panitia Hari Amal Bhakti ke 76 Kemenag RI Tingkat Kota Bima Tahun 2022.

Alhamdulillah, di pagi yang sangat cerah ini kita dapat menghadiri pembukaan Pekan Olahraga dan Lomba Akademik dalam rangka memeriahkan HAB ke 76 Kemenag RI tingkat Kota Bima. Adapun tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka silaturrahmi antara seluruh elemen Kemenag, baik pegawai maupun guru, baik ASN maupun PTT/GTT”, ujar Furqan.     

Selanjutnya Kepala Kantor Kemenag Kota Bima, H. Ahmad Taufik, S.Ag.MM menyampaikan kata sambutan. Dalam sambutannya Kepala Kantor Kemenag mengungkapkan bahwa pada Penganugerahan Kemenag NTB Berkreasi Tahun 2021 tempo hari, Kantor Kemenag Kota Bima berada pada urutan ke 4 tingkat Provinsi NTB. Kantor Kemenag Kota Bima mengoleksi 6 penghargaan, yakni:

  1. MIN Kota Bima, Juara 1 pada Lomba Madrasah Reform jenjang MIN tingkat Provinsi NTB Tahun 2021
  2. MTsN 1 Kota Bima, Juara 2 pada Lomba Madrasah Reform jenjang MTsN tingkat Provinsi NTB Tahun 2021
  3. MAN 2 Kota Bima, Juara 3 pada Lomba Madrasah Reform jenjang MA tingkat Provinsi NTB Tahun 2021
  4. MAN 2 Kota Bima, Madrasah 3 Tahun Duta Paskibraka Nasional
  5. Juara 3 Febi Nurfadiati dari Ponpes Al Husainy Kategori Putri jenjang MTs pada Santri Day Competition 2021 (Lomba Musabaqoh Qiro’atil Kutub) tingkat Provinsi NTB (virtual).
  6. Peringkat 2 Paling Aktif Pemberitaan di Website tingkat Provinsi NTB.  

Saya ucapkan terima kasih atas kreativitas, dedikasi, dan kerja kerasnya karena telah bekerja dan berjuang mengharumkan nama Kemenag Kota Bima”, ungkapnya bangga.

Kemenag RI, lanjut Kepala Kantor, sudah berusia 76 tahun. Usia tersebut sudah cukup tua. Sehingga kedewasaan sangat dibutuhkan ketika proses berpikir, bersikap, dan bertindak dalam menghadapi segala permasalahan. Karena saat ini perkembangan dunia sedemikian pesatnya, segala informasi dengan cepat tersebar ke segala penjuru. Semua itu dibutuhkan kedewasaan untuk menyaring informasi yang diperoleh.    

Pada kesempatan itu juga Kepala Kantor menyerahkan Satyalencana Karya Satya 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun untuk periode 17 Agustus 2021 yang diberikan kepada 58 orang ASN lingkup Kemenag Kota Bima.

Usai pelaksanaan upacara pembukaan, panitia mengadakan lomba lari karung antar pejabat struktural, Kepala KUA, dan Kepala Madrasah serta lomba tarik tambang bagi pegawai dan guru. Hal ini sebagai upaya untuk mengawali jalinan silaturrahim sesuai dengan tujuan rangkaian kegiatan HAB ke-76 Tingkat Kota Bima.  (NR)     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *